SyamJr's WebBlog

Namaku Perestroika.

Posted on: November 1, 2008

Bukan itu nama kelahirannya dan bukan pula nama komersil dadakan seperti pemain sinetron atau pedangdut. Tetapi nama yang diberikan ibunya ketika memasuki usia sekolah TK. Ketika mendaftar, guru sekolah meminta ibunya untuk merubah nama yang tercantum di formulir pendaftaran, lantaran nama itu mengidentifikasi tempat lokalisasi prostitusi di Jawa Timur. Sang ibu memang sempat bingung menanggapi anjuran bu guru karena harus mengganti dengan nama lain yang belum sempat terfikir.

Tapi nasib baik berlangsung dengan cepat. Di kertas bungkus sangon tercetak tulisan perestroika. Ibunya menirukan kata itu dan menuliskannyanya di formulir pendaftaran masuk TK. Masih ada lagi keterangan lain yang belum dituliskan yaitu mengenai nama orang tua, nama ayah. Bundanya ngotot tidak menuliskan nama ayah, perestroika adalah anak ibu bukan anak bapak.

Begitulah proses identitas personal Perestroika anak ibunya. Satu nama yang keren dari keluarga ortangtua tunggal alias single parent. Jadilah namaku Perestroika. Tuturnya dengan santai. Aku pernah berkelahi karena teman memanggilku dengan nama lain yang aku tidak senang dan marah. Aku menyatakan nama Perestroikan Shah menjelang tamat SD dan tidak mau disebut dengan nama lain. katanya menyambung ceritera.

Tambahan kata Shah diberikan oleh Bapak guru kelas enam SD ketika aku menyatakan ingin berbeda agama dengan ibu. Kelas dua SMP, Perestroikan Shah mengetahui kalau namanya terinspirasi dari gagasan reformasi ekonomi pemimpin tetinggi Uni Sovyet Mihkail Gorbachev. Satu kata yang tercatat dalam sejarah dunia.

Mulai saat itu dia menjadi pendiam. Dia fokus pada pelajaran sekolah dan rajin membaca buku sains, teknik, pengetahuan umum, sejarah dan berbagai buku lainnya. Dia sudah mempunyai cita cita. Benar saja. Riwayat akademiknya mencatat index prestasi luar biasa dan berhasil menyelesaikan post graduate pada usia 27 tahun pada 2007. Sekarang dia tak tergiur tawaran partai untuk jadi caleg nomer satu pada Pemilu 2009, tapi lebih memilih kembali ke Ohio melanjutkan studi untuk mendapatkan Phd dengan beasiswa dari Amrik.
Mungkin sekadar deskripsi singkat dapat dituliskan disini mengenai apa itu perestroika. Pada awal berkuasanya Presiden Mikhail Gorbachev ( 1985 ) sebagai pemimpin Uni Sovyet atau Uni Socialis Sovyetskaya Republic ( USSR ) dia menyampaikan gagasannya untuk modifikasi sistem ekonomi. Gagasan bertujuan agar sistem ekonomi negara akan mengalami perubahan akselerasinya.

Selanjutnya Gorby bersama tim penasihat ekonominya memperkenalkan perubahan yang lebih mendasar yang disebutnya sebagai perestroika yang artinya restrukturisasi ekonomi. Pada Juni 1987 konsep Perestroika tersebut disetujui sebagai landasan politik yang menjadi dasar reformasi di Uni Sovyet pada masa berakhirnya regim komunisme.

Jadi posting ini ingin menampilkan personifikasi mereka yang terlahir dari hubungan sosial dan kondisi perekonomian yang buruk.  Mereka berjuang dalam lingkungan kehidupan yang secara langsung membentuk hidupnya. Kesadaran terhadap kondisi lingkungan mungkin untuk pertama kalinya tumbuh dari lingkungan sekolah sebagai pembanding dengan apa yang dia hadapi sehari hari.

Barangkali ada yang mengatakan hanya nasib baik  yang akan menariknya dari lingkungan tersebut. Tetapi dari sekian banyak orang, mestinya ada yang berhasil karena kesadaran dan kerja keras. Bahkan dalam sejarah Amerika konon ada figur dengan latar belakang kelabu tetapi tercatat sukses  mencapai Gedung Putih, The White Hause .
Ternyata sebuah nama dapat mempengaruhi karakter seseorang dan menentukan sendiri jalan hidup yang dipilihya. Sebuah nama ternyata mampu memberi semangat untuk keluar dari lingkungan sosial buruk. Meski dibawah permukaan, mungkin masih banyak figur yang tak semujur Perestroikan Shah. Mereka anak anak dari keluarga single parent yang tak terlindungi hukum bahkan mendapat perilaku diskriminatif masyarakatnya. Perestroikan Shah adalah tokoh rekaan untuk menggambarkan keberadaan mereka.

Coba simak artikel Simon Saragih yang diterbitkan kompas.com

Hingga sekarang, apalagi masa dulu, isu ras, terutama antara kulit hitam dan kulit putih, merupakan isu politik. Bahkan, AS sebagai negara besar pernah dihebohkan dengan konflik SARA. Isu ini hampir selalu mewarnai pemilu AS, bahkan pemilu presiden.

Bahkan, ada masanya darah campuran seorang capres atau presiden AS juga dikutak-katik. Dalam perjalanan sejarah AS, ada beberapa presiden AS berdarah campuran kulit hitam.

Joel A Rogers dan Dr Auset Bakhufu pernah menulis sebuah buku yang menyebutkan setidaknya ada lima presiden kulit hitam di AS. Hal ini sebenarnya relatif masuk akal.

Soalnya jumlah pria Eropa yang bermigrasi ke AS dulu kala lebih banyak dari jumlah wanita yang melakukan hal serupa. Lagi pula, pada saat itu, tindakan memerkosa pria kulit putih atas perempuan kulit hitam bukanlah kriminal.

Andrew Jackson (presiden ketujuh periode tahun 1829-1837) adalah salah satu dari anak ”haram” itu. Sebagaimana ditulis di The Virginia Magazine of History Volume 29, Jackson adalah putra kulit putih perempuan asal Irlandia yang ”menikah” dengan seorang pria kulit hitam yang saat itu berstatus budak. Bahkan, salah satu saudara Jackson telah dijual sebagai budak di Carolina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 137,690 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: