SyamJr's WebBlog

Obama and the folklore about Hanuman

Posted on: Juli 27, 2008

Obama always brings along him a little mascot? Is that mean as magic power? That is not true. I don’t believe that issues. But someone told me, a group India citizen propose God’s statue Hanuman to him. They want to blessing Democrat’s presidential candidate winning on November election. That group decides to send Hanuman statue while knowing Obama pick a little accessory image of monkey statue.

Brij Mohan Bhama, the Obama’s fans of India says, ”The God statue was 15 kilograms of weight, 61 cm length, because I believe Obama will changes to better relationship to India if be elected in Presidential Election”.
What is Hanuman? I don’t have good enough reference about that original epic story Ramayana by Maharishi Valmiki of India.

Tapi disini saya ada folklore yang kuingat yaitu tentang pertarungan antara dua saudara kembar karena memperebutkan cinta perawan cantik luar biasa. Ceriteranya saya gubah dibawah ini.

Diva Anjani adalah miss world dalam legenda, bidadari yang dihukum para dewa, dari alam maya dia dilempar ke bumi. Nah lho, ketika itulah dia disandra oleh raksasa Kiswari di gua Kiskenda untuk dijadikan isteri sang raksasa jelek. Dia menolaknya.

Nangis ngak ketika dia dipaksa kawin sama raksasa.
Tentu donk. Anjani mengangis dan tangisanya terdengar sampai radius ratusan kilometer.

Tapi namanya saja bidadari, tangispun tetap saja terdengar merdu suaranya sehingga mengundang si kembar kera sakti bernama Sugriwa dan Subali menelusuri dari mana datangnya suara itu. Setelah mengetahui bahwa ternyata ada gadis cantik yang disekap oleh raksasa. Kedua kera yang berbudi luhur itu menolong Anjani. Mereka bertekad untuk membebaskannya dari raksasa Kiswari.

Si kembar bersepakat, sang adik Sugriwa yang membawa lari Anjani keluar gua sementara Subali menghalangi raksasa. Di dalam gua, Subali bertarung sengit melawan raksasa pake kungfu shaolin dan jurus monyet mabok atau jurus bangkui didalam gua.
Sebelum bertarung dia berpesan kepada Suigriwa, apabila dari dalam gua mengalir darah merah maka berarti Kiswari yang koit. Tetapi apabila mengalir darah putih berarti Subali yang tewas.

Kepada Sugriwa dia berkata,”apabila darah putih mengalir maka tutuplah gua ini dengan batu besar dan bawa pergi Anjani….pergi jauh jauh ke hutan yang tidak bisa ditemukan Kiswari,” katanya.

Couple weeks after all. Suddenly, Sugriwa saw “white blood” flowing down out of the Cave Kiskenda. He going to work hard to close the cave, as mentioned by Subali at the last talk, if the white blood flowing down, the cave must be close hardly by big rock. Meanwhile, in the sadness he hold Anjadi to run far away….run and run to the dark forest escaped out from Kiskenda Cave.

Di hutan dingin dan sunyi Anjani tinggal di rumah pohon bersama Sugriwa, wanara sakti ini menghiburnya dengan membawa bunga dan buah buahan. Tapi entah yaa, apa bisa seekor kera jatuh hati kepada bidadari. Mungkin karena berada di hutan yang dingin dan sepi Sugriwa jatuh cinta kepada sang diva. Cinta nampaknya seperti udara yang kuhela dan kau selalu ada…begitulah senandung Once dalam lagunya; dealova.

Memang masih pada tahap tebar pesona Sugriwa yakin kalau Anjani punya perasaan yang sama ke dia. Memang belum jadian siih, Anjani memang pernah terekam kamera infoteinment sedang membelai kepala kera itu untuk menyatakan terima kasihnya ketika dibawakan bung dan buah buahan. Kalau di dunia nyata barangkali bisa dibandingan dengan aktivis penyayang orang utan di kawasan lindung Tanjung Puting, Kotawaringin Barat – Kalimantan Tengah.

Cinta berbalas kasih. Sayangnya, tak disangka tak dinyana ternyata Subali muncul dibalik kabut asap hutan yang terbakar. Ternyata dia tidak mati. Yang mati adalah Kiswari sang raksasa. Cairan yang mengalir seperti darah putih yang terlihat oleh Sugriwa, itu karena sang raksasa terkencing kencing dihajar Subali dengan jurus tendangan halilintar menyambar twins tower.

Subali terbakar hatinya dan menuduh Sugriwa berkhianat kepadanya karena ingin merebut Anjani.

Sugriwa, aku yang bertarung berminggu minggu didalam Gua Kiskenda, tapi kau yang mendapatkan cinta Anjani.
Tidak Subali, aku hanya melaksanakan tugasku yang kamu telah berpesan sebelumnya untuk menutup gua dan menyelamatkan Anjani.
Tapi ternyata kau jatuh cinta kepadanya.
Ya sejujurnya benar, aku jatuh hati kepada Anjani.
Jadi benar adanya, kau Sugriwa telah berkhianat kepadaku.
Tidak benar tuduhanmu, cinta itu datang dengan sendirinya seperti angin.

Singkat ceritera, Selisih paham meruncing menjadi perseteruan sengit. Keadaan semakin memanas dan seterusnya terjadilah pertarungan akibat salah paham. Perkelahian terus berlangsung berkembang semakin rusuh seperti Pilkada Maluku Utara.

Memang dalam hidup ini dibutuhkan filosofi dalam pandangan, pemikiran, ketulusan dan bijaksana untuk bisa melihat kebenaran guna mengasilkan tindakan yang arif dari kita, pemimpin diri sendiri.

Diva Anjani sangat sedih dan merasa berdosa karena dia tahu bahwa kejadian ini akibat dirinya. Dia berdoa, berdoa terus berdoa. Meminta kepada Yangmaha Kuasa untuk memberikannya seorang anak meski masih perawan. dia berdoa agar diberikan anak yang super sakti untuk menjadi satria perkasa yang mampu menghentikan pertarungan si kembar tadi.

Jangan biarkan mereka yang kusangi tewas dalam pertarungan karena asmara. Asmara seharusnya menyemaikan cinta kasih, bukan kemarahan dan ankara murka. Aku mohon agar kera tidak musnah di muka bumi ini.

Doanya didengar dan dikabulkan Yangmaha Kuasa. Tersebutlah Batara Bayu, pengendali oksigen di atmosphere bumi menghantarkan jiwa melalui angin yang bertiup membelai bunga, menyemai serbuk sari maka begitulah proses menjadi buah. Suatu proses kehidupan tanaman terus berlangsung. Diva Anjani memakan buah dan masuklah jiwa kedalam rahimnya. Dari rahimnya terlahir Hanoman. The most popular commander of king monkey army heroes battle Alengka on epic story Ramayana.

Hanoman adalah anak Anjani. Jadi bukan anak Kiswari, bukan anak Sugriwa dan bukan pula anak Subali. Hanoman titisan dewa batara.

* I have revised this article for some couplet.

4 Tanggapan to "Obama and the folklore about Hanuman"

Kulo Nuwun

Salam kenal dari tepat diatas ubun – ubun anda pada situs tempo Intreaktif – Posted Pak Wicaksono , semoga asas Keberangkatan yang sama , Mengenali saudara setanah air sendiri melalaui acara sambang blok – dapat terus di luangkan waktunya oleh kita di sela – sela sibuk besar – menengah atau kecil .

yang penting itu = B E L A J A R – Membuat bahan percakapan yang tak perlu selesai masa belajar , karena gurunya Pengalaman kita sendiri – Dimulai dari belajar : Membuat = N A R A S I –
Yang paling mudah , diri sendiri yang dijadikan bahan Narasi , membaca perasaan KETIKA – diri sendiri , hampir seperti nyanyian : BANGUN TIDUR – KUTERUS MANDI + Tidak lupa menggoso gigi + Habis mandi Kutolong Ibu + Membedrsihkan GIGI Palsu KakekKu – Misalnya = hasilnya Lumayan untuk Pemula Belajar membuat Narasi .

Bagaimana dengan anda ?
Mudah – mudahkan Posted Pembuka Silaturahmi di bulan Puasa 2008 – September ini
Lumayan Berkenan , karena yang terperting adalah Tullusnya para pemasok Komentar – Mengirim Selayang pandang + Luang waktunya untuk Menghargai ajakan berkawan # & # @ blog .

WASSALAM

ngak mudeng aku, terlalu berat

@gak usah dipikirin mbak, dirasakan saja, biakan hadir dan mengalir.(syam jr)

well very nice ,sampeyan ini bagus bawakan cerita wayang,apa pernah jadi dalang salute 4 u

@walut; Terima kasih kunjungan dan komentarnya. Pujian adalah bencana, begitu kata Tukul Arwana. Dan kita semua adalah sutradara karena dunia ini adalah panggung sandiwara, ingat lagunya Gito Rolies?

Bagus postingnya, mari kita berusaha membangunkan kembali budaya yang hampir punah ini. Thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: