SyamJr's WebBlog

”Sang Raja memotong Lidahnya Sendiri”.

Posted on: September 6, 2008

Hukhukbalukumbang…..adalah ceritera dari negeri antah berantah tetang sang raja yang terkenal jujur, tegas, lugas, adil dan blak blakan. Begitulah dia dikenal rakyat sepanjang riwayat hidupnya. Raja yang sangat dipuji dan dicintai seluruh lapisan masyarakat karena kejujurannya tadi. Hidupnya ternyata berakhir tragis. Dia meningal dunia setelah sakit sekian lama, terinfeksi virus pada kelenjar liurnya yang disebabkan luka. Sang raja memotong lidahnya sendiri.

Peristiwa menyedihkan itu menjadi mistery. Tidak ada pernyataan apapun dari istana, resmi atau bisik bisik. Tidak terpahat dibatu tidak juga tergores di papyrus. Jangan harap pernyataan langsung lisan tentu saja, karena lidah sang raja sudah terpotong.

Namun setelah beliau wafat dan seluruh prosesi selesai, Menteri Bendahara kerajaan menemukan fakta yaitu surat terakhir sang raja, lengkap dengan tanda cap cicin kerajaan.


Surat tersebut adalah testimoni, pengakuan yang sekaligus mengungkapkan rahasianya, menjadi lembaran fakta yang memberikan jawaban atas apa yang selama ini menjadi mistery, mengapa sang raja memotong lidahnya sendiri.

Mengejutkan memang, dalam surat kepada bendahara kerajaan dia mengaku telah “khilaf”, yaitu menyalakan lampu ketika sedang bercengkrama dengan isterinya. Padahal minyak untuk menghidupkan lampu itu dibeli dari uang negara….uang rakyat untuk keperluan negara bukan untuk kepentingan pribadinya.

Tetapi bukan itu masalahnya yang menyebabkan mengapa sang raja sampai memotong lidahnya sendiri. Dalam suratnya sang raja mengungkapkan…..

”saya tidak ingin lidah ini membuat pernyataan pengakuan bahwa saya telah menyalah gunakan harta negara untuk kepentingan pribadi. Sebab bila lidah saya membuat pengakuan maka rakyat akan mengenang saya sebagai raja yang paling jujur sepanjang sejarah negeri ini”.

Sang raja ternyata tidak ingin dikenang rakyatnya sebagai figur yang paling jujur dalam sejarah negerinya.

Note :

1. Menteri Bendahara Negara tidak pernah mengungkapkan adanya surat itu. Dia menguburkannya dibawah batu nisan makam rajanya.
_______________________________________________________________________

2. Tulisan ini saya pindahkan dari halam Kisah yag saya hapus dari blog ini.

3. Hukhukbalukumbang apa sih artinya?…..satu pertanyaan yang harus saya jawab karena kata ini menjadi judul blog saya. Satu ungkapan kata yang memang tidak ada dalam kamus besar bahasa Indonesia. Satu kata yang saya ciptakan ketika saya mengalami kebuntuan, padahal saya sudah memulainya dengan judul. Kata itu kemudian menjadi kebiasaan saya mengucapkannya ketika mengalami kebuntuan, ketika bengong mau menulis apa. Jadinya seperti mantara untuk memecahkan kebuntuan. Mau mencobanya? He..he..

1 Response to "”Sang Raja memotong Lidahnya Sendiri”."

lidah emang gampang kepleset..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d blogger menyukai ini: