SyamJr's WebBlog

Jika saya berwasiat…..dibuang ke kali Ciliwung.

Posted on: Oktober 20, 2008

Terus terang saya ingin bertanya mengenai wasiat. Tetapi jika posting kali ini saya bertanya melulu karena memang banyak yang pengin saya tanyakan, rasanya blog ini jadi membosankan. Karena itu saya mencoba menjawab sendiri pertanyaan saya.

Wasiat berkaitan dengan pesan sesorang yang meninggal dunia. Jika belum meninggal mungkin hanya disebut sebagai pesan. Wasiat juga mempunyai implikasi perdata yaitu menyimpang dari ketentuan umum terutama berhubungan dengan warisan harta peninggalan. He he saya sok tahu padahal saat ini saya lagi bingung menjawab pertanyaan saya sendiri🙂

Biasanya kalau saya tidak mengerti makna suatu kata maka saya mencoba mencari jawabannya pada percakapan dalam halaman wiki, karena online jadi lebih praktis ketimbang membuka Kamus Besar Bahasa Indoesia. Tetapi setelah browsing ternyata untuk kata wasiat belum ada :  Wiki mencatatkan: Tidak ada halaman yang berjudul “wasiat”. Anda dapat membuat halaman ini. Atau; “Wiro Sableng Episode Wasiat Iblis (8 episode) # Wasiat Iblis”. Oke nggak apa, tulis aja seenaknya. Kahn yang baca posting ini banter ya saya sendiri.

Blantika film Indonesia pada Rabu (15/10 ), berduka karena seorang aktris handal film horor Indonesia telah meninggal dunia. Saya tidak menuliskan nama beliau. Infonya saya dapat di Media Indonesia. Dikabarkan, almarhumah memang menuliskan wasiat agar penyelenggaraan pemakamannya dilaksanakan secepatnya, hindari publikasi dan bahkan tidak diperkenankan dihadiri kalangan keluarga nya sendiri.

Pemakaman dilaksanakan secara koinsisten sesuai wasiat. Namun bagian ketiga, yaitu tidak diperkenankan dihadiri oleh kalanga keluarga sendiri, memunculkan ekses sosial yang cenderung kontroversi terhadap perilaku normatif masyarakat berkaitan dengan kultur, adat istiadat bahkan agama.

Pada hemat saya tidak seluruh isi wasiat harus dilaksanakan manakala ada aspek yang dapat memunculkan kontroversi sosial. Deskripsi ini untuk menjawab pertanyaan saya; Apakah si penerima wasiat mempunyai kewajiban melekat secara hukum untuk melaksanakan seluruh isi surat wasiat? Saya menjawabnya; tidak.

Mengapa? Jika misalnya saya menuliskan surat wasiat yang berbuyi ” Jika saya meninggal dunia maka jasad saya tidak boleh dimakamkan tetapi harus dibuang ke kali Ciliwung”. Atau saya berwasiat ” jika saya meninggal dunia, seluruh asset saya harus disumbangkan ke panti asuhan anak yatim dan tidak boleh dipotong potong sesenpun meski untuk membayar utang saya”.

Teman kita si Matt Blogger mungkin akan bilang wasiat saya itu namanya wasiat sableng. Mungkin anda juga menyumpah serapah, gile ni orang sudah mati juga masih bikin susah. Itu sebabnya mengapa saya mengatakan, tidak. Anda akan sepakat, mestinya ada rambu hukum terkait soal melaksanakan wasiat. Setidaknya ada pertimbangan hati nurani dari proses berfikir yang jernih agar dalam melaksanakan wasiat tidak malah menebar kebencian. Hidup kita berawal dari benih kasih sayang.

Pada pikiran saya, dalam hal tertentu tidak terdapat sanksi hukum terhadap penerima wasiat manakala dia tidak melaksanakan seluruh isi surat wasiat. Melaksanakan seuruh isi surat wasiat secara konsisten mungkin tindakan yang benar dalam kacamata hukum tertulis, tetapi adalah tidak bijaksana jika hal itu dapat menimbulkan ekses terhadap kehidupan dan tatanan sosial.

Teman teman bloger mungkin berkenan sharing pengetahuan hukum mengenai hal ini. Saya bukan dari kalangan hukum tetapi saya yakin ada klausula mengenai wasiat ini yang saya tidak mengerti. Saya ingin bertanya.

Tinggalkan Balasan

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
