SyamJr's WebBlog

SBY ngetop, mestinya popularitas JK naik juga.

Posted on: Oktober 25, 2008

Polling dukungan untuk SBY bertengger diposisi puncak, konon mencapai 32% dalam satu bulan terakhir. Logikanya, dukungan responden berakar pada tingkat kepercayaan dan sangat lekat dengan kinerja pemerintahan SBY-JK. Sejauhmana kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah melaksanakan amanah rakyat tergambar pada hasil polling yang biasa ditampilkan berbagai lembaga survey.

Hasil survey menjadi faktor penting untuk menarik simpati guna meningkatkan dukungan masyarakat selanjutnya dalam konteks Pemilu dan Pilpres 2009. Data data ini mempunyai nilai politis dan sekaligus nilai komersial guna mengatur strategi kampanye lebih jauh.

Tetapi hampir setiap polling group selalu hanya menampilkan SBY saja. Seolah olah keberhasilan kinerja pemerintah yang kemudian mendorong popolaritas, merupakan kerja SBY sendirian. Padahal jika kinerja buruk maka yang tampil dalam publikasi media masa adalah duet SBY-JK. Sejatinya kalau memang kinerja bagus tentu merupakan prestasi bersama, popularitas bersama  gitu baru namanya fair.

Postingan ini bukan bermaksud membicarakan tentang fair atau tidak. Tetapi mengenai poin dukungan itu tadi. Saya yakin tidak ada maksud SBY untuk meraup sendiri popularitas dari hasil kerja bersama JK memimpin Kabinet melaksanakan program mensejahterakan rakyat. Hal itu dapat ditangkap dari sinyal keinginannya untuk tetap menggandeng JK sebagai Cawapres manakala dia maju untuk Pilpres 2009.

Namun tak urung sinyal tersebut membuat sebagian kader Partai Golkar terperangkap putusan emosionalnya sendiri. Kader Partai Golkar membuat langkah yang berakibat perpecahan semakin nyata. Hal itu tergambar dari jalannya Rapimnas Partai Golkar pada 18-20 Oktober lalu.

Permasalahan mugkin terletak pada format pooling yang menempatkan figur tungal sebagai target. Sementara sitem pencalonan tidak mengacu kepada paket satu partai seperti di Amerika Serikat. Opini yang dibangun melalui poin dukungan responden berformat tunggal sementara jalan pikiran responden didasari parimeter kebehasilan kerja bersama.

Denga kata lain persentasi dukungan yang ditampilkan merupakan poin olahan yang tidak menggambarkan keadaan sebenarnya. Jadi maksudnya, apabila poin dukungan tersebut menjadi patokan strategi kampanye maka terdapat kemungkinan kekeliruan dalam menentukan presentasi target upaya pemenangan dalam Pilpress 2009 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: