SyamJr's WebBlog

Kemenangan Obama: Presiden RI tidak harus Jawa.

Posted on: November 8, 2008

Undang Undang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnik menjadi dasar berpijak untuk mendorong semangat pluralisme dapat lebih diterima ketimbang primordialisme etnik.

Kemenangan Barrack Husien Obama sebagai presiden terpilih Amerika Serikat ke 44 ditanggapi diseluruh dunia sebagai semangat perubahan dalam kerangka demokratisasi. Karena dengan kemenangan ini mimpi Martin Luther King dan Jesse Jackson atau warga Afro Amerika umumnya kini menjadi kenyataan. Apapun yang dia katakan bahwa kemenangannya merupakan kemenangan seluruh rakyat di Negara multi ras tersebut.

Amerika terbukti mampu memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh ras yang ada apapun warna kulitnya. Tetapi kemenangan Obama secara umum tetap saja dipandang sebagai kemenangan warga kulit hitam AS. Dengan ungkapan halus, Presiden AS ternyata tidak harus kulit putih.

Indonesia pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Amerika karena memiliki varian suku bangsa yang multi ras juga. Ada Jawa, Melayu, Mongolik, Melanesia, Arab, India, Batak yang hispanik, Eropa dan banyak lagi yang jumlahnya lebih dari 300 etnik dan ras. Karena multi ras itulah kemudian bangsa ini mengidentikasikan dirinya menjadi Indus-nesos, Indonesia dengan slogan Bhineka Tunggal Ika.

Pada dasarnya tidak ada satupun ras yang ada di Indonesia dapat membuktikan rasnya sebagai pribumi. Temuan manusia purba “Pithecanthropus erectus” yang disebut juga sebagai ”Manusia Jawa” di Trinil dan Sangiran tidak secara otomatis merujuk etnik Jawa. Sebab dominasi Austronesia ikut memberi ciri perkembangan lanjut masyarakat Jawa abad ini. Ini sekadar gambaran bahwa tidak ada ras tertentu yang dapat mengklaim sebagai pribumi di Indonesia.

Paragrap diatas tidak bermaksud mengarahkan topik untuk fokus pada Etymology. Meskipun pemahaman akan Etymology menjadi penting dalam membangun kesadaran berbangsa. Kesadaran berbangsa sebagai modal membangun kesadaran politik dan perilaku politik dalam kehidupan berbangsa – Bangsa Indonesia.

Kemenangan Obama memberi inspirasi bahwa bangsa Indonesia juga mampu memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh suku bangsa untuk menjadi Presiden Republik Indonesia.

Semangat perubahan yang dipancarkan dengan terpilihnya Obama hendaknya menghapus paradigma lama bahwa etnik Jawa yang mayoritas di negeri ini, lantas merasa harus memperjuangkan sukunya untuk menjadi Presiden RI. Semangat kita sebagai bangsa, semestinya berani menyatakan keluar dari paradigma lama bahwa presiden republik ini tidak harus orang Jawa. Prinsip pluralisme mestinya bisa lebih diterima ketimbang primordialisme etnik.

Undang Undang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis yang telah disyahkan DPR RI pada 28 Oktober 2008 merupakan jaminan bahwa setiap warga negara, apapun warna kulitnya, ras dan etniknya mendapat perlindungan dari tindakan diskriminasi dari etnik lainnya, secara perilaku maupun tindakan yang dapat mengebiri hak politik dalam upaya untuk menduduki suatu jabatan, termasuk menjadi Presiden RI.

Jika Amerika yang sangat konservatif dalam konteks kepemimpinan kulit putih merupakan suatu paradigma, ternyata dapat berubah dengan terpilihnya Obama. Suatu peristiwa sejarah yang bermakna bahwa demokrasi di Amerika tidak sekadar retorika.

Di Indonesia diharapkan akan tumbuh kesadaran berbangsa dengan paradigma baru bahwa pemimpin negeri ini tidak lagi mengacu kepada primordialisme etnik apapun alasannya. Kedepan, siapapun putra terbaik bangsa ini, apapun tifa etnik dan rasnya dengan bangga mengucapkan berbangsa yang satu bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d blogger menyukai ini: