SyamJr's WebBlog

Pidato sambutan untuk pernikahan

Posted on: November 11, 2008

Kemaren, hari Minggu 09 Nopember 2008 saya diminta untuk memberikan kata sambutan untuk acara pernikahan anak seorang sahabat yang sudah seperti saudara sendiri. Dengan demikian anaknya yang akan menikahpun sudah seperti anak sendiri. Jadi saya diminta untuk memberikan kata sambutan atasnama beliau dan keluarga.

Ternyata saya gelagapan juga karena tidak begitu siap, meskipun saya sudah sering menjadi saksi dalam acara ijab kabul tetapi untuk berpidato, memberikan kata sambutan pada acara pernikahan belum pernah. Beranjak dari pengalaman galagapan ini saya mencoba membuat teks pidato kata sambutan. Teks sengaja dibuat tidak berpanjang panjang agar audiens tetap fokus kepada pasangan mempelai.

Barangkali diantara teman teman, tante, oom, pak cik, pak de, paman, julak, adik adik..yang secara dadakan butuh teks kata sambutan untuk acara pernikahan. Silahkan copy dan paste…dan tambahkan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Teksnya ada dihalaman berikut. Terima kasih telah mampir di blog ini. :-)

Bismillahi rakhmanirrakhim
Assalamu’alaikum warakhmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, dipanjatkan segala puji syukur kehadhirat Allah sabhanahu wataala. Allah yang maha pengasih dan penyayang. Allah yang maha pemurah pencurah rahmah, – maha pencipta kasih sayang. Dengan limpahan rahmatNya jua kita berkumpul disini untuk acara pernikahan ananda tercinta……………. dengan ……… ( nama lengkap ).
Kita ucapkan Shalawat dan salam atas junjungan kita, yang mulia rasulullah Muhammad salallahu alaihi wassalam, para sahabat dan kerabat, para khulafaurrasyidin, para aulia yang membimbing dan memberi contoh tauladan akhlakul karimah.

Para hadirin undangan yang terhormat,
Kami sekeluarga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas perkenan para hadirin undangan semuanya untuk hadir pada acara hari ini.
Dalam kesempatan ini perkenakanlah kami menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak – Ibu – hadirin semua pada acara pernikahan anak kami : ananda …………………. dengan ananda ……………. ( nama lengkap ).

Tiada kata yang sempurna untuk mengungkapkan perasaan kami sebagai orang tua pada saat ini, kecuali merasa bangga, terharu dan bahagia.
Kami merasa bangga karena telah sampai pada pelaksanaan tanggung jawab menghantarkan anak kami kepada bentuk kehidupan baru, kehidupan membentuk satu keluarga baru yang meneruskan generasi dan tradisi keluarga ini.

Ananda………………………,
Abah dan mama, merasa terharu atas ungkapan bakti ananda sebagaimana yang ananda ucapkan. Suatu ungkapan perasaan yang menunjukan sikap yang matang, dewasa dan bijaksana.
Abah dan mama merasa sangat berbahagia bahwa ananda telah menentukan pilihan teman pendamping dalam menjalankan bahtera kehidupan, membentuk keluarga sakinah – mawaddah wa rohkmah.
Sesunguhnya bagi abah dan mama, rasa bahagia ini sudah terpancar sejak ananda masih dalam kandungan.

Memang sang waktu berlalu sedemikian cepat dan telah kita lalui.
Dan dalam perjalanan waktu, terdapat berbagai suka duka romantika kehidupan.
Tiada harapan dan keinginan lain abah dan mama, kecuali kebahagian ananda.

…………………dan ananda ……………..
Dengan ini Abah dan Mama memberikan restu atas pernikahan ananda. Seluruh keluarga dengan ini memberikan restu dan memanjatkan do’a agar ananda berdua mendapat berkah dan inayyah dari Allah SWT.

Kami sekeluarga juga memohonkan agar bapak – ibu – saudara hadirin undangan yang terhormat, berkenan memberikan doa restunya kepada anak kami tercinta. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih

Anak kami seperti juga semua kita, akan membetuk keluarga yang saling mencintai dengan tulus ikhlas antara suami istri, cinta dan kasih sayang yang disebut sebagai keluarga mawaddah.
Sebab dengan saling kasih mengasihi, saling sayang menyayangi, saling hormat menghormati, menjaga kehormatan suami , menjaga kehormatan isteri. Dari situlah akan membangkitkan suasana ketenangan keluarga, ini namanya keluarga sakinah. Satu keluarga tempat berbagi suka dan duka dalam menempuh kehidupan.
Mawaddah dan sakinah akan memancarkan rahmah, menebarkan kasih sayang kepada lingkungan sekelilingnya. Berbelas kasih , berbagi kebahagian atau menebarkan kasih sayang dan kedamaian kepada sekelilingnya. Itulah tujuan pernikahan ananda berdua.

Sungguh indah dan mulia tujuan pernikahan itu. Besar harapan kami semua, untuk ananda berdua bahwa apapun yang terjadi, kembalilah kepada tujuan pernikahan ananda berdua. Berupayalah agar tujuan mulia pernikahan ananda berdua tetap terjaga hingga akhir hayat.

Ananda …………., Abah dan mama berpesan, cintailah istrimu, hormatilah dia, jagalah kehormatannya, berilah dia ketenangan dan kedamaian dalam rumah tanggamu.
Ananda ……………., cintailah suamimu, hormatilah dia, jagalah kehormatannya, berilah dia ketenangan dan kedamaian dalam rumah tanggamu.

Sebagai pasangan suami isteri, jadilah orang-orang yang mengasihi dan menyayangi orang-orang yang ada disekiling kalian, yang telah membantu kalian, yang telah mendidik dan merawat kalian. Insya Allah berbuat baik dan berkasih sayang, akan mendatangkan kebaikan dan kasih sayang yang berlimpah untuk ananda berdua.

Kepada para undangan yang kami hormati, sekali lagi sudilah kiranya Bapak – Ibu da saudara sekalian, memberikan do’a dan restu kepada kedua mempelai, agar apa yang mereka cita-citakan sebagai sepasang suami-istri dapat tercapai, agar mereka tuntung pandang , agar mereka langgen dan dapat membina keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Marilah kita semua memanjatkan doa untuk kedua mempelai :
BarakaLLahu laka -  wa baraka ‘alaika  -  wa jama’a bainahuma fii khoiriin. Amiin Ya Rabbal ‘alamiin.

Demikianlah kata sambutan kami. Mohon maaf yang sebesar-besarnya bila terdapat kesalahan dan kekhilafan kami.

Al haqqu mir Robbikum Wassalaamu ‘alaikum Wa rahmatullahi Wa barakatuh.

78 Tanggapan to "Pidato sambutan untuk pernikahan"

UDAH BAGUS GITU LHO MAS

cukup komplit , bagus saya menyukainya

Cukup mendasar dan mengena ,tepat sasaran sepertinya anda profesional. Terima kasih.

Makasih banget bwt naskahnya,kbetulan saya lg cari bwt pnikahan adik akhir mei ini

thankk…uuu..bosss… aq…juga ..ditodong kasih sambutan buat pernikahan sepupuku besokkk….dah sempet ..mumet…nehhh……sekarang tinggal siapin mental..aja…

referensi yg mantab bung..

blog yang bagus

@Hendra
Terima kasih.( Syam Jr )

terima kasih ya atas teksnya.

thanks mas teks nya

mAkasih ,, , ,
kebetulan gua nagh SMA, pUnya PR kYk gini,,
n gua mLEs bgt mikRnya, mNding NYonTek,,
He, ,, He,,

kLie Lgi, tRims eA,,,

Makasih banyak om Syam.Jr…
kebetulan saya lg cari kata sambutan acara saya.
Buat om saya yg bacain…bingung carinya..
Thanks berat yah dah posting…

regards,

galih sukmana

@galih
Terima kasih sudah komen di posting ini.

Alhamdulillah. sangat bermanfaat…kebetulan ayah saya lagi nyari…eh, langsung dapat. thanks…

@Yelli A Barlian.
U welcome indeed. Taqbbalallahu min wa minkum taqabbal ya karim. Semoga mereka yang menikah mendapatkan ridho ALLAH yang maha suci dan maha pemberi rejeki..amiiin. ( Syam Jr ).

Salah seorang boss saya akan menikahkan putrinya hari Sabtu besok, & beliau masih kebingungan apa yg harus disampaikan dalam pidatonya.
Tadi pagi beliau minta tolong saya untuk membantunya. Tanpa pikir panjang lagi, langsung saya googling dan akhirnya sampailah saya di blog ini.
Mas Syam, terima kasih banyak telah memposting naskah pidato ini.
It’s very helpful!
Many thanks to Google as well.

@mbak Etty.
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Bahagia rasanya mendengar mbak dapat membantu boss. Titip salam buat bossnya Selamat ngunduh mantu, selamat berbahagia ( Syam Jr )

bagus sekali dan sangat membantu saya mencari artikel ini, jadi terasa ingin dinikahkan lagi he….he…

@ucu.
Terima kasih sudah komen di posting ini. mas ucu ..lucu juga rupanya ..sudah punya niat yaa mas :D

bagus bgt…
ngebantu bgt buat nambahin inspirasi bikin sambutan pernikahan.

@dedes.
Terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini.

bisa jadi rujukan untuk disempurnain waktu aku diminta kasih sambutan wkl shbl hjt.
Mkc buanget boss

@Kuncara
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga sukses selalu

Ass.Wr.Wb
Mohon izin untuk copas ya Mas…
Kebetulan ada Bos yang nyuruh nyiapin teks beginian, waktu googling ketemu website ini, Alhamdulillah.
Sekali lagi mohon izinnya

Wassalam

@Iwan.
Wa’alaikumsalam Wr.Wb. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Senang mendengar anda dipercaya sama bos. Semoga barokah dan selalu mendapat hidayah dari Allah SWT.

terima kasih atas tulisannya sudah sangant bagus, tetapi alangkah lebih bagus lagi diselingi dengan intermezo, ada “humor” dikit. sekali lagi trim’s.

@Hasan Bisri
Terima kasih telah memberi komentar atas posting ini. Tentu benar sekali jika diselingi dengan intermezo ungkapan humor suasana akan lebih segar. Tetapi sepertinya perlu adaptasi dengan audiens ketika acara berlangsung…saya kira begitu ya. Salam

bagus ringkas tpi dlam. thnx dgn ni sy jd siap wt smbtan pd prnkhn dik sy insya..pd 8 april 10. mhön doanxa ya..

@arifin.
Terima kasih telah berkunjung.
TaqabbalaLLahu minna wa minkum taqabbalaLLah ya kariiim. Selamat berbahagia…amiin.

Terima kasih….. saya ambil untuk sambuta pada pernikahan saudara saya. Semoga Allah SWT membalas kebaikan anda.

@Lelly.
Silahkan mbak. Semoga Allah melimpahkan kebaikan bagi kita semua

Assalamu’alaikum wr,wb.
seperti yang lain, saya juga beranggapan sambutannya sudah bagus. tampaknya diisi dengan nasehat pernikahan juga. Hanya saja akalau memang mewakili keluarga, mestinya ada ucapan selamat datang dan meminta maaf atas hal-hal yang mungkin kurang berkenan (saguh, gupuh, aruh dan suguhnya) bagi tamu. but it’s okey. tq

@abubafathi
Setuju bangeet…silahkan tambahkan sesuai selera. Terima kasih telah berkinjung ke blog ini.
Wa’alaikumussalam wr, wb.
Syam Jr

pidatonya sudah muaanntap, singkat dan padat. asumsi saya ini untuk pidato akad nikah. apakah bapak punya juga pidato untuk sambutan peresmian pernikahan nya

Thx berat

makasih bos

makasih bgt pak. besok saya mau bikin sambutan buat pernikahan saya sndiri. referansi yg sgt bagus dari bpk.

@Mungkar Priyono

Saya sampaikan ikut berbahagia bilamana anda menikah. Semoga Allah SWT melimpahkan rezeki bagi keluarga anda fil hayyatidunnyaa wal akhirah.
Amin yaa rabbalaalamiiin.

SANGAT BAGUS, CUMA KURANG SIMPEL SEDIKI……….T , kalo bisa kasih sedikit hadisnya kan lebih mantep ya coy…

@Kaila.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung dan memberikan tanggapannya atas posting ini. Teks ini hanya sekadar berbagi atau sharing tanpa maksud menggurui. Terus terang saya tidak kompeten untuk mengutip hadis…karena bukan seorang yang menguasai ilmu hadist.
Salam dan Terima kasih.

Assalamualakum,wr.wb

Teks sambutannya bagus dan padat.. mungkin pak Syam punya teks sambutan pernikahan untuk dibacakan sendiri oleh mempelainya? karena dalam waktu dekat saya akan menikah dan berharap saya sendiri yg akan memberikan sambutan kepada tamu..terimakasih

Wasswrwb.

@Zaenal Mutakin

Wa’alaikumussalam Wr Wb. Saya sampaikan salam dan ikut berbahagia dengan rencana pernikahan anda. Semoga Allah SWT memberikan rezki yang berlimpah bagi anda dan pasangan yang akan menunaikan sunnah rasulullah u alaihi wassalam. Terus terang saya tidak punya teksnya seperti yang anda harapkan, saya mohon maaf.
Teks pidato pada dasarnya hanyalah panduan agar seseorang dapat berbicara secara runtut agar terhindar dari ‘missing his words – kehilangan kata kata. Namun apa yang mengalir dari hati anda adalah materi terbaik untuk berbicara didepan publik.
Jadi ‘pede aza, mas Zaenal. Selamat berbahagia.

assalamualaikum wr. wb.

Wah kebetulan saya minggu depan ke dapuk memberi sambutan untuk pernikahan adik saya karena rencana rombongan yang ikut saya kayaknya yang paling tua……wah jadi siap-siap maklum baru kali ini. kalau rapat rt sih biasa ini kan manten…momentnya beda. beruntung ada refferensi di alamat ini. matur suwun ya pak….cuman ada sedikit tambahan kok gak ada sedikit kalimat hadist atau ayat al-Qur’an biar mantep…… ya gak banyak….. yang banyak biar bagianya pak ustad…….. tolong bantu pak jika ada ide…….terima kasih.

@Ali
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung dan memberikan tanggapannya atas posting ini. Teks ini hanya sekadar berbagi atau sharing. Terus terang saya tidak kompeten untuk mengutip hadis…karena bukan seorang ustaz yang menguasai ilmu hadist.
Btw mungkin anda bisa tanya ke ‘mbah Google’. ketik hadist keluarga sakinah :)
Salam dan Terima kasih.

Assalamualaikum Wr.Wb,
Terima kasih, saya dapat referensi yang sangat bagus, kebetulan minggu depan saya akan memberikan sambutan pernikahan keponakan.

@Amung
Selamat ya mas buat ponakannya semoga berbahagia.
Syam Jr

terima kasih, mau saya pakai untuk sambutan acara pernikahan adik saya. Ihat siti fatimatujjuhro dan agus setiadi.

bagus.
mungkin lebuh bernuana ULAR – ULAR ( nasehat ) dari sesepuh untuk pengantinnya ya.

Makasih ada contoh sambutan, tapi tolong bisa di email ke saya ?
Emailku b_muhakbar@yahoo.com

bagus saya menyukai sebagai bahan…….

naskah yg bagus, kami mhn ijin mau pake ya …. trims

@ Yadi. Oke bro silahkan.
Syam Jr.

Luar biasa…. kebetulan saya sedang mencari contoh seperti ini

@Awal Santoso. Terima kasih telah berkunjung.
Syam Jr.

Terimakasih telah memberikan inspirasinya, kebetulan saya sedang membutuhkan materi ini.

Terima kasih banyak

@Mrs. P. Terima kasih atas kunjungannya.
Syam Jr.

profesional dalam beretorika.,…..makasih .,.,.,

ijin copas ya, terimakasih!

Berguna buat saya..manfaat buat semua.. semoga Allah memberikan pahala atas ilmunya…
Mohon ijin copas pa, buat referensi jd wakil kel CMW nih..

bagus sekali mas makasih narasinya

terimakasih untuk referensinya

Dear…..sy kagm sm anda krn br prtama kali bikin tex sebagus itu. Tex mu bagus !

Sumber inspirasi yg sangat baik. Isinya padat singkat Dan komprehensif

Syukron Kang Syam …, Pidato Pernikanannya, manfaat & bagus sekalee … :)

Tks. Secara subtantif bagus. Pidato resepsi sebaiknya tidak lebih antar 2 -3 menit ( 200 – 400 kata ). Persoalannya,sering ketika sambutan hadirin suka banyak yang ngobrol bahkan pada waktu doa saja ada yang ngobrol. Dari sisi ini kadang saya merasa perihatin soal etika di tempat publik, termasuk dalam acara resepsi pernikahan. Tks,

Wah padat berisi, terima kasih untuk referensinya :)

emezing banget nih ?

wah, bagus juga buat referensi :D

Pinjam ya mas

hey ga ngundang yeeeee

Terima kasih sudash mampir di blog ini :)

Memang tepat sasaran, sekarang musimnya orang nikah. ha…ha…ha.

terimkasih untuk artikel ini….
kini saya dapat membuat tugas dengan baik:)

Selamat bertugas :) Salam

Terimakasih banyak mas,kemaren saya jadi MC dadakaan untuk acara formal akad nikah yg dihadiri org2 penting,wakil mentri,dll…krna MC yg telah dijadwalkan mendadak tdk hadir.OMG jujur saya panik!keenapa hrrs saya?susunan acara telah tertulis,tp sekapur sirih pembukaan saya sama sekali BLANK,bingung,dan solusi akhir mnta tulung sama uncle google,di arahkan ke blog nya mas…bnyk point yg saya ambil dr pidato mas,,walhasil menurut saya dan bbrappa kerabat dekat mempelai,tugas dapat saya laksanakan dgn baik! Alhmdulilahhhh….terimakasih mas

Segala yang mendadak biasa membuat kita grogi, jadi kuncinya ya tenang saja mbah Google memang sakti he he he :)

Waduh bagus sekali dan sangat membantu i , saya mohon nyontek naskah anda ini.

Semoga amal baik ini dibalas oleh yang Maha Kuasa Amin

wass
trisna_wiguna @telkom.net

Senang rasanya merasa ikut membantu. Salam.

Bagus sekali naskahnya,, kebetulan bulan depan saya diminta untuk memberikan kata sambutan untuk pernikahan ponakan, jadi minta ijin di -share ya bos, makasih.

Terima kasih sudah mampir di blog ini. Silahkan share sebagaimana biasanya. Btw tolong sampaikan salam saya buat calon mempelai dan seluruh keluarga…Selamat Berbahagia menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah..amiin. (Syam Jr)

Mohon maaf baru sekarang bisa menyapa dan tidak semua komen dapat terbalas. Salam ( Syam Jr )

mksh bang syam atas blog nya sy jd dpt materi buat pidato nanti cma sy minta izin sy modif&improve sdkt mnysuaikn lingkngan nnti kbtulan masyrkt nya bkn kota besar yg budaya gotong royong nya msh sangat kntal jd sy sesuaikn sdkt, ilmu yg manfaat itu sbg amal jariyah buat abang, wassalam

@day malik. Terima kasih sudah mampir di blog ini. Silahkan dengan senang hati. Salam.

it’s Awesome…
saya jadi tertolong buat bahan besok di nikahan kakak laki laki saya…
terimakasih banyak !!!

lapor boss.
sy dpt tugas sambutan..naskah boleh dipake kan?

siiip

terimakasih Pak, naskah ini sangat membantu saya sebagai referensi buat pernikahan ponakan saya.

.

Bagus pak.. dan saya izin paste ya pak, buat refernsi. saya juga mw kasih kata sambutan buat pernikahan ponakan.. terima kasih pa…

mhn ijin sedot, gan. terima kasih banyak sangat membantu saya

terima kasih.. ijin copy gan..

Alhamdulillah terima kasih semoga pidato ini bisa menjadi pedoman untuk saya mengantarkan pernikahan adik saya nanti tgl 3 Nop 2013

Mas Syam J.. mohon ijin untuk copy dan di edit yaa…..\

Jawara_69

makasih ya kak Syamsir atas teks sambutan perkawinan dari pihak wanita. ijinkan saya menkopinya . mubas subang jawa barat

Terimakasih saya mohon ijin untuk copy sangat bermanfaat

syukran ya,, saya ijin copy,.sangat bermanfaat sekali,.jazakallah khoiron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 131,268 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: