SyamJr's WebBlog

Bagaimana sih mengalahkan PKS?

Posted on: November 22, 2008

Mungkn anda sama kagetnya seperti saya ketika ada teman yang nyeletuk pada oblrolan off topic di erte; ” bagaimana sih mengalahkan PKS?’. Nah…kaget nggak. Berarti PKS sudah menang duluan sebelum bertanding pada Pemilu 2009. Lantas pembicaraanpun berlanjut, terutama saya kepingin tau apa latar belakang pemikiran dari pertanyaan sekaligus pernyataan tadi.

Yaach maklum namanya saja obrolan, semua argumentasi gak pake data-data an, hanya “kira kira, rasa rasanya”. Tapi percakapan ini asyik juga karena iklan PKS lagi ngetren. Rasa rasanya pada pemilu 2004, Partai Golkar leading dengan 21% perolehan kursi di DPR, disusul PDI Perjuangan dengan 19% lalu Partai Persatuan Pembangunan, lalu PKB, lalu PAN, sedangkan posisi PKS dan Partai Demokrat kalau tidak salah cuma 9%. Jadi tidak terlampau populer. Partai Demokrat baru jadi seperti bintang jatuh setelah SBY memenangkan Pilpres 2004.

Jika PKS diproyeksikan “menang” karena kecenderungan warga yang sudah jenuh dengan konflik ideologis. Semoga itulah yang diterima masyarakat dari pesan iklan politik PKS. “Masyarakat sudah capek dengan konflik” Kata Fachri, Wakil Sekjen PKS pada wawancara dengan TVONE. Iklan politik bertema pahlawan menurut saya adalah cara yang cukup menggebrak. Namun entahlah hasilnya bagaimana, masih belum jelas.

Para pahlawan kita memang telah menanamkan sikap toleransi yang tinggi sehingga berhasil mempersatukan bangsa ini. Fakta ini yang tidak bisa dibantah oleh siapapun. Namun nuansa bathin masyarakat bangsa Indonesia ketika itu sangat berbeda dengan sekarang. Simaklah berbagai peristiwa pilkada dan elit politik yang kecenderungan memelihara konflik di masyarakat. Nuansanya sekarang, Indonesia kehilangan falsafah kehidupan berbangsa.

Berbagai pernyataan klaim atau pengakuan adanya hubungan atau keterkaitan historikal dan sejenisnya dengan para pahlawan, merupakan penyataan egoisme posessive yang kontra produktif. Berbagai pernyataan klaim tersebut menunjukan kita sedang kehilangan falsafah Pancasila.

Debat yang gak ngaruh terhadap popularitas iklan politik PKS karena yang diperdebatkan bukan essensi dari pesan iklan tersebut. Perdebatannya justeru bertumpu pada pendekatan atas “hak” menggunakan nama besar para pahlawan, seolah olah kharisma dan wibawa dan kepribadian bapak bangsa itu adalah warisan primordial kelompoknya.

jika kesimpulannya seperti ini, PKS diposisikan menang merebut hati masyarakat. Kira kira yang disasar adalah Swing Voter dari Partai Golkar, PDI P, PKB dan PAN. Dalam kondisi floating mass atau massa mengambang dimana masih terdapat serba mungkin, tetapi jika strategi beriklan terus dikembangkan, lari massal swing voter akan semakin kencang. Saya sependapat, dalam konteks seperti ini maka PKS dalam posisi menang.

Akan sangat sulit bagi PKS apabila di Indonesia organisasi partai dijalankan dengan stelsel aktif sepeti di Amerika, konvensi partai menjadi pengikat anggota pendukung untuk Presidential Election. Tapi kita di Indonesia dengan sistem demokrasi yang kayak gini. Rasa rasanya gimana ? gitu deh. Untuk sementara PKS “menang”. Lantas bagaimana mengalahkannya?.

He he he.🙂

1 Response to "Bagaimana sih mengalahkan PKS?"

ya semoga kita mendapat pemimpin yang baik demi kelangsungan bangsa ini😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d blogger menyukai ini: