SyamJr's WebBlog

Dokumen agen CIA : Terbuka setelah kadaluwarsa.

Posted on: November 27, 2008

Dari berbagai posting mengenai isi buku Legacy of Ashes, History of the CIA, tentang Indonesia.  Banyak Pendapat yang menyatakan bahwa pemerintah RI harus mengambil langkah tertentu. Ada yang berupa tuntutan membersihkan nama, ada yang tuntutan hukum, ada yang mengkaji lebih dalam, ada yang marah marah. Ada pula yang menyatakan bahwa itu fitnah Amerika. Tapi ada juga ada yang boleh boleh saja. Ada yang minta agar buku itu dilarang edar.

Prof. BJ Habibie sepertinya termasuk yang cuek bebek, mau wartawan mana kek masa bodoh, katanya menjawab pers. Tapi ada sambungannya, dia ungkapkan dengan gaya analog “ masa kita menari dengan gendang ditabuh pihak lain” dengan gaya khas Pak Habibie. Tentu maksudnya bangsa Indonesia jangan menari dengan gendang yang ditabuh Amerika, kira kira begitu. Apa maknanya? Menurut saya, pengungkapan mengenai Adam Malik adalah isue tendensius propaganda spionase CIA.

Wapres Jusuf Kalla menyatakan tidak percaya. Ketua DPR Agung Laksono, menampiknya dengan mengkaji lebih dalam. Nah yang baru saya baca adalah peryataan Prof. Muladi. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu meminta pemerintah melalui Departemen Luar Negeri secara resmi meminta penjelasan dari pemerintah Amerika Serikat terkait penyebutan mantan Wakil Presiden Adam Malik sebagai agen rekrutmen lembaga intelijen CIA. Demikian pernyataan itu disiarkan kompas.com Selasa, 25 Nopember 2008.

Jika pemerintah RI melakunan permintaan klarifikasi seperti dimaksud beliau, dengan tujuan mengapeal masyarakat atau mass appeal untuk medapatkan simpati dalam negeri. “Jika itu tujuannya, saya sependapat”. Tetapi jika tujuannya memperoleh pernyataan pemerintah AS untuk membantah atau membenarkan apa yang di tulis Tim Weiner, saya terus terang meragukannya, apakah pemerintah akan AS oke oke saja. Saya kira tidak, meskipun ada pendapat lain.

Klarifikasi resmi pihak pemerintah AS mengenai hal ini diatur dengan Undang Undang. Kalaupun pemerintah AS berniat mengklarifikasi bahwa CIA tidak pernah merekrut Adam Malik sebagai agen CIA. Pertanyaan pertama, apakah pernyataan klarifikasi itu merupakan pelanggaran terhadap Undang Undang mereka? Mungkin ada cara dan gaya bahasa siaran pers pemerintah AS yang tidak melanggar Undang Undang. Maka pernyataan itu sangat bersifat memelihara hubungan baik AS dengan RI.

Pernyataan yang bertujuan menenangkan masyarakat Indonesia akan sangat mudah dilakukan pemerintah AS. Para diplomat AS tentu sudah terlatih menghadapi situasi semacam ini. Sementara sasaran memecah belah pendapat umum masyarakat Indonesia akan tetap tercapai. Opini digelondongkan melalui buku itu seperti melempar segenggam salju dari puncak bukit.

Terdapat dua alur isue kontroversial. Pertama; Bung Karno melakukan kudeta terhadap pemerintahannya sendiri”. Kedua; Adam Malik, Sultan Yogja dan Mayjend. Suharto, membuat kabinet bayangan sebelum kejatuhan Bung Karno. “Kesemua itu tidak benar. Pertama saya marah membaca buku itu. Tetapi setelah diketahui adanya pemutarbalikan fakta itu, maka saya meminta buku itu dilarang beredar,” tegas Otto Adam Malik, seperti dikutip kompas.com

Tuduhan kepada Adam Malik sebagai agen CIA bukanlah berita baru. Pada tahun 1963 – 1965 isue agen CIA ini sering menghias halaman surat kabar, terutama koran underbouw PKI. Dengan adanya pernyataan mantan pejabat tinggi CIA Clyde McAvoy, memberikan justifikasi bahwa apa yang pernah disampaikan PKI seolah olah benar adanya. Jadi isue ini sasarannya adalah membangkitkan sentimen politik penganut komunisme di Indonesia.

Dua alur isue tersebut masing masing akan menimbulkan pendapat berbeda. Akumulasi akan membentuk pendapat umum yang pro dan kontra. Dalam iklim liberal seperti sekarang merupakan bagian dari kehidupoan demokrasi. Alur feed back yang berada diatas permukaan adalah yang membantah isue tersebut dan menyatakan sebagai fitnah. Tetapi alur silent opinion tentu tak terduga.

Nah kembali pada pemikiran agar pemerintah RI melakukan klarifikasi, agaknya akan terhadang oleh prinsip kebebasan pers di AS. Sebagaimana diketahui bahwa kebebasan pers di Amerika mempunyai sejarah yang panjang hingga menemukan bentuk kebebasannya seperti sekarang. Freedom of the press is freedom for cityzen. Ringkasnya, apa yang mau ditulis dan apa yang tidak mau ditulis oleh warganya tidak memerlukan klarifikasi pihak pemerintah. Tetapi jika yang ditulis dan dipublikasikan itu melanggar undang undang, seseorang akan dihukum. itu saja.

Pada sisi lain, jika benar ada dokumen CIA mengenai status Adam Malik dalam organisasi itu, sebagai dokumen otentik yang menjadi dasar klarifikasi, tentu merupakan rahasia negara. Pemerintah AS bisa jadi akan menyiarkan rahasia tersebut jika kerahasiaannya sudah kadaluwarsa. Status rahasia akan menjadi dokumen umum terbuka setelah jangka waktu tertentu. ” kalau tidak salah setelah 40 tahun.

Dokumen Komisi Investigasi Congress AS ( Warren Commission) 1964 mengenai penyelidikan kasus pembunuhan J F Kennedy , yang pada awalnya dilindungi UU Arsip Nasional, disegel selama 75 tahun hingga 2039. Namun berkaitan dengan UU Kebebasan Informasi ( 1966 ) dan JFK Records Act 1992. Pada tahun 1992, 98% dokumen tersebut dirilis ke publik. Sisanya akan dipublikasikan pada 2017. Catatan ini sekadar gambaran bagaimana AS melindungi rahasia negara.

Apa yang sebelumnya bersifat rahasia negara akan berubah menjadi tidak rahasia lagi. Wartawan ulung seperti Tim Weiner apalagi Clyde McAvoy yang mantan pejabat tinggi CIA pasti memahami betul mengenai hukum negara mereka. Wawancaranya dilakukan pada tahun 2005 atau 40 tahun setelah G 30 S PKI.

Jadi mungkin saja pemerintah AS akan merespons permintaan klarifikasi pemeritah Indonesia. Jawaban klarifikasi dari pemerintah AS tentu akan berdampak terhadap masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
%d blogger menyukai ini: