SyamJr's WebBlog

Banyak capres akan semakin menakutkan rakyat.

Posted on: Desember 5, 2008

Jika perubahan dimaknai sebagai ketidak-pastian maka artinya rakyat inginkan stabilitas politik untuk mencapai tingkat kesejahteaan yang lebih baik. Perubahan sebagai ide dasar yang kemudian tercermin pada upaya memunculkan figur Capres yang diusung partai partai, justeru dianggap kontra produktif karena hanya akan menimbulkan goro goro, labilitas politik yang apapun argumentasinya berujung pada meningkatnya kesengsaraan rakyat. Jadi banyaknya figur yang ambisi pada pilpres 2009 justeru akan semakin menakutkan rakyat.

Pengalaman ketika gerakan reformasi yang begitu hebat melahirkan perubahan besar pada sistem kehidupan kenegaraan justeru menghasiilkan kesengsaraan baru bagi rakyat kecil. Meskipun pada awalnya kaum reformis bisa “ngeles”dengan menyalahkan masa lalu, menyalahkan orde baru, tetapi setelah reformasi sekian lama berjalan, perbaikan nasib masih tidak jelas juga, tak tau lagi kemana juntrungannya.

Hati nurani rakyat berbalik, karena belajar dari pengalaman. “Republik ini ibaratkan bus, berangkat dari Gambir untuk tujuan Bungur Asih, tetapi baru nyampe Semarang harus balik ke Bandung, lalu kapan sampainya ke Surabaya” Itulah analog sederhana wong cilik.

Jadi meningkatnya rating SBY lebih disebabkan kerinduan rakyat akan stabilitas politik agar pemerintahan mampu bekerja optimal meciptakan lapangan kerja dan mestabilkan perekonomian rakyat. Kampanye politik yang menyerang kebijakan pemerintah hanya menghasilkan antipati masyarakat yang terlihat dari turunnya dukungan mereka.

Sebaliknya tema kampanye Partai Gerindra dengan tokoh Prabowo Subianto yang memberi kesan mampu menciptakan stabilitas, terbukti menghasilkan dukungan yang meningkat bagi Prabowo Subianto.

Inilah rating terakhir seperti disiarkan kompas online;

SBY bergerak naik tujuh poin, dari 27 persen pada bulan Juli menjadi 34 persen menjadi bulan September. Sebaliknya, posisi Mega anjlok dari 28 persen pada bulan Juli menjadi 22 persen di bulan September.

Sementara itu, pamor capres Partai Gerindra Prabowo Subiakto naik 4 persen, dari 11 persen pada bulan Juli menjadi 15 persen pada bulan September. Demikian hasil survei yang dilakukan oleh National Leadership Center (NLC) bekerja sama dengan lembaga survey dunia Taylor Nelson Sofress. Survey komprehensif ini dilakukan mulai dari 15-26 September 2008 di 30 provinsi, dari tingkat pedesaan hingga perkotaan. Survei ini menggunakan metode systematic random sampling dengan sampling error kurang lebih 2,5 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Sementara itu, pamor-pamor tokoh lainnya, seperti Sri Sultan Hamengkubowono IX, Wiranto, Abdurrahman Wahid, Jusuf Kalla, Sutiyoso, Soetrisno Bachir, Akbar Tandjung, Surya Paloh, dan Amien Rais juga mengalami penurunan.

Menurut Presiden Direktur NLC Taufik Bahaudin, pihaknya tidak meneliti penyebab turunnya pamor para tokoh tersebut. Namun, Taufik mengatakan, survey tersebut setidaknya menunjukkan ada yang salah dengan strategi kampanye. Demikian kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d blogger menyukai ini: