SyamJr's WebBlog

Zipper system bertentangan dengan konstitusi.

Posted on: Januari 29, 2009

Sebaiknya KPU tidak meneruskan upayanya untuk menerbitkan peraturan mengenai Zipper System, karena jelas sekali sistem dua laki seling satu perempuan tersebut merupakan bagian dari sistem nomor urut. Konstitusi kita UUD 1945 sangat tegas menganut azas suara terbanyak.

Bab II Pasal dua ayat 3 berbunyi; Segala putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditetapkan dengan suara terbanyak. Lalu Bab III pasal 6A ayat 1 menyatakan: Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat.
Jadi semua Undang Undang harus mengacu kepada sistem suara yang telah diamanatkan oleh konstitusi.

Azas suara terbanyak yang diamanatkan oleh konstitusi kita itulah yang ditegakan oleh Mahkamah Konstitusi atas UU No.10 tahun 2008 tetang Pemilu. MK membatalkan pasal 214 huruf a,b,c,dan e seputar penetapan calon legislatif dengan sistem nomor urut, dalam sidangnya di gedung MK pada Selasa 23 Desember 2008.

Dengan sistem suara terbanyak ini justeru mendudukan kesetaraan gender. Jika pada hari ini posisi sosial masih tidak setara, namun dimasa depan diyakini sistem sosial kita akan setara. UUD 1945 mempunyai pandangan jauh kedepan, membimbing kearah kesetaraan tersebut.

Dengan demikian Pemerintah yang dalam hal ini Presiden Republik Indonesia tidak usah berpayah payah memikirkan untuk menerbitkan peraturan pengganti undang undang.

Apabila perpu diterbitkan dengan mengakomodasi zipper system, berarti perpu inipun bertentangan dengan amanat konstitusi. Perpu hanya memberikan justifikasi standar ganda pada sistem pemilu di Indonesia. Demikian pendapat saya pada diskusi politik kami antar teman seperjalanan; saya dengan pak Nanang dan Pak Tatang.

Pak Tatang yang nampak serius angkat bicara. Kenapa sih sepertinya harus ada zipper system? Bagaimana kalau hasil pemilu nanti ternyata, suara terbanyak seluruhnya adalah perempuan?
Belum sempat saya ngomong, Pak Tatang sudah lanjut bicara. Begini aja katanya, bila perolehan suara terbanyak semuanya laki laki maka salah satunya harus berpakaian perempuan.

Nah kalau seluruhnya perempuan maka salah satunya harus dikasih kumis. Lalu bagaimana kalau peraih suara terbanyak nantinya ternyata semuanya waria?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: