SyamJr's WebBlog

SBY ancam balik boikot Pilpres 2009?

Posted on: April 26, 2009

Ketika membuka Rapimnas ke 2 Partai Demokrat, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono mengemukakan perasaanya yang was was untuk maju pada Pilepres 9 Juli 2009 jika permasalahan DPT tidak selesai. Kompas.com mengutip pernyataannya itu, disiarkan pada Munggu, 26 April pukul 11.24 waktu Indonesia barat;

“Banyak yang bilang saya atau capres lain tidak ikut pilpres jika DPT tidak selesai. Saya dukung 300 persen. Saya, yang juga insya Allah akan menjadi calon presiden Partai Demokrat, ada perasaan was-was,” Pernyataan SBY ini nampaknya cukup terencana dan bukan pernyatakan plesetan.

Kalimat saya dukung 300 persen yang diucapkan SBY, apakah merupakan ancaman balik untuk boikot Pilpres 2009,  dan lebih berbobot ketimbang ancaman kelompok Teuku Umar. Sebab, jangan lupa bahawa SBY adalah incumbent yang sedang memegang seluruh kendali pemerintahan.

SBY mengaku sangat sakit karena diduga melakukan kecurangan pada pemilu legislatif. “Sungguh sakit karena kami tidak pernah terpikir untuk melakukan hal yang menyimpang,” ujarnya di hadapan para peserta Rapimnas.

Suatu pernyataan yang jarang disampaikan oleh seorang kepala negara mengenai jalannya pemilihan umum suatu negera, dalam hal mana tudingan kecurangan ditanggapi sebagai diarahkan kepada presiden yang sedang menjabat hingga berakhirnya pada Oktober 2009. Tudingan mana menjadi lebih formal setelah SBY menyatakan hal ini secara terbuka. Nampaknya ada lubang baru dalam proses menuju Pilpres 2009.

Isue boikot terhadap pilpres memang sempat mengemuka oleh kelompok Teuku Umar yang dimotori oleh PDIP, Gerindra dan Hanura. Tetapi isu boikot pilpres 2009 kemudian melemah setelah Partai Golkar menyatakan resmi tidak bergabung dengan Partai Demokrat. Suatu peluang baru yang lebih longgar bagi kelompok Teuku Umar jika Partai Golkar dengan Ketua Umumnya Jusuf Kalla berada diluar “koalisi” Democrat.

Pergerakan para pemimpin partai yang semakin intens menyakapi perkebangan “pecah kongsi” SBY – JK dengan berbagai langkah pendekatan baru, menyiratkan bahwa Pilpres 2009 akan terlaksana sesuai jadwal. Pendekatan baru dengan melupakan kasus DPT yang sebelumnya menjadi topic permasalahan. Ancaman boikot pilpres 2009 kelompok Teuku Umar mulai mengering seperti embun tertimpa sinar matahari.

Namun ancaman baru merebak justeru dari pemerintah?. Apakah hal ini akan berkembang guna mengkondisikan perpanjangan masa pemerintahan SBY – JK manakala Pilpres 9 Juli 2009 batal digelar karena kasus DPT yang tak kunjung selesai. Sesuatu yang belum diatur Undang Undang dasar 1945.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

April 2009
S S R K J S M
« Feb   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d blogger menyukai ini: