SyamJr's WebBlog

Otokritik Budiono

Posted on: Mei 16, 2009

Prof. Boediono dalam pidato pengukuhannya sebagai cawapres dari Partai Demokrat mendampingi capres Soesilo Bambang Yudhoyono, menyatakan otokritik yang mengingatkan dirinya sendiri. Dia menyatakan, Indonesia membutuhkan pemimpinan yang tidak dikotori oleh suap, tidak mau memperdagangkan kekuasaan. “Tidak mencampuradukkan kepentingan negara dengan kepentingan bisnis keluarga,” ujar Boediono di depan ribuan orang yang hadir sebagaimana siaran langsung televisi dari Gedung Sabuga, Bandung Jum’at  malam.

Kenapa otokritik? Jika bukan otokritik maka pernyataan itu dapat ditanggap sebagai serangan kepada pihak pesaing lainnya baik JK-WIN maupun Mega-Prabowo dalam rangka pilpres Juli 2009. Sementara sebelumnya SBY sendiri telah memperingatkan agar tidak takabur dan menjelekkan pihak lain. Pernyataan Boediono tidak menggambarkan esensi jargon politik “SBY-Berbudi”  yang dipublikasikan pada saat yang sama.

Mungkin saja pernyataan itu memperingatkan jajaran “tim sukses” sendiri untuk tidak mencampur aduk antara kepentingan negara dengan kepentingan bisnis keluarga besar Partai Demokrat dan koalisinya, mengingat posisi SBY yang incumbent. Ungkapannya “Indonesia membutuhkan pemimpinan yang tidak dikotori oleh suap, tidak mau memperdagangkan kekuasaan”  mungkin saja sebagai penyataan “bersayap” Budiono,  karena sebelumnya sejumlah partai koalisi berupaya maikan posisi tawar untuk mendapatkan posisi cawapres bahkan hingga the last minutes.

Budiono yang berbicara dengan gaya professor didepan mahasiswanya, nampak agak terpengaruh oleh “glamour” acara deklarasi capres Partai Demokrat dan koalisinya. Dia nampaknya tampil over confident seolah olah sudah menjadi Wapres sehingga lepas konteks acara deklarasi. Budiono dalam sambutannya itu dua kali “terpleset” menyebut Presiden SBY dan lupa memposisikan SBY secagai capres untuk pilpres Juli 2009.

3 Tanggapan to "Otokritik Budiono"

glamour? biasa saja Pak😀 hehehe cukup confident saja kok, tanpa teks namun terstruktur

@ipeit.
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. ya iya sih, namanya juga pemimpin apalagi cawapres tentu jadi pusat perhatian dengan ribuan komentar..at least dari semua sisi. Kalau pidato juga ada fasilitas teleprompter agar imej terjaga.

Itu pidato yang sangat wajar, Pak. Memang benar apa yang dibilang Pak Boediono dalam pidato tersebut. Bahwa ada pihak-pihak lain yang merasa tersindir, tak ada salahnya biar jadi ingat pada dirinya sendiri.

@Vicky
Prof. Boedino dikenal sebagai ekonom profesional yang kalem, santun, bicaranya efisien, low profile itulah ciri kepribadian beliau yang sangat berbeda dengan para politisi yang nampak sekali haus kedudukan kekuasaan. Nah ketika tampil pada acara deklarasi, berbidato dengan mood “menyerang” mengikuti irama para politisi. Tapi saya menanggapinya sebagai otokritik untuk tidak mengatakan bahwa beliau telah menabuh genderang perang.

salam blogger kompasiana, tukeran link yuk…http://ahmadzainul.wordpress.com/

Wa’alaikum salam, senang berkenalan dengan anda bloger kompasiana. Oke link anda saya taruh di blogroll. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d blogger menyukai ini: