SyamJr's WebBlog

Priiit….

Posted on: Juli 19, 2009

Dari beberapa posting maupun atikel di berbagai media cetak terdapat opini yang mengajak kita untuk tidak terjebak pada “filosofi” manang kalah dalam konteks penerimaan terhadap hasil hasil pemilu 2009. Saya sependapat bahwa kita sebagai bangsa hendaknya tidak terjebak pada isu menang kalah tersebut. Tidak terjebak pada perdebatan semu kontra produktif.  Sukses pemilu adalah sukses bangsa ini menjalankan kehidupan demokrasinya.
Namun Saya tidak sependapat pada elit politik yang mencoba mengesamping masalah kisruh DPT untuk menjastifikasi sukses pemilu 2009 dengan argumentasi bahwa kisruh DPT tidak signifikan pengaruhnya terhadap kemenangan maupun kekalahan.

Permasalahan kisruh DPT tidak menyangkut pengaruhnya signifikan atau tidak terhadap pemenang pemilu, tetapi menyangkut pemenuhan terhadap ketentuan UUD 1945. Jadi kita lepaskan dahulu dari aspek “kepentingan” menang kalah untuk tidak masuk pada perdebatan semu.

Marilah kita tengok Bab VIIB tentang Pemilihan Umum yaitu pasal 22E ;
1. Pemilihan Umum diselenggarkan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil setiap lima tahun sekali.
2. Pemelihan Umum diselenggarakan untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Presiden, Wakil Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah.

….…..dan ayat seterusnya.

Pemilu kali ini berbasis DPT, proses pelaksanan pendaftaran pemilih menjadi sangat penting dalam konteks menjalankan amanah UUD 1945 dalam hal mana penyelenggara negara adalah avant garde bagi rakyat seberapapun tingkat kesadaran politiknya. Pendaftaran pemilih dalam rangka memberikan hak politik rakyat sangat berbeda dengan penomena pendaftaran warga miskin untuk diberikan BLT.

Pada kasus BLT, masyarakat berbondong bondong untuk mendapatkan haknya. Sementara pada kasus DPT orang cenderung egepe. Namun jika menjadari realitas empiris demikian adanya maka negara sejatinya proaktif karena sangat paham bahwa hak politik warga adalah hak mendasar manakala kita mengusung jargon demokrasi. Jawaban bahwa kita baru belajar berdemokrasi dan butuh waktu 200 tahun untuk mencapai satu tahapan seperti di negera maju, rasanya terlalu merendahkan bangsa ini.

Tidak ada seorangpun dinegeri ini yang bisa mengatakan bahwa pemilih ganda dalam DPT sebagai hal yang jujur dan adil, meskipun karena alasan kelalaian dan tidak sengaja sekalipun, implikasinya tetap saja seseorang kehilangan hak politiknya.

Artinya manakala ada warga negara yang tidak masuk DPT akibat kekisruhan apapun alasannya berarti berimplikasi diperlakukan tidak jujur dan tidak adil oleh negara.

Apakah warga negara ybs menggunakan atau tidak menggunakan hak politiknya itu masalah lain.

Perintah konstitusi kita UUD 1945 sangat jelas, menaruh prinsip jujur dan adil dalam penyelenggaraan pemilu. Dengan adanya kisruh DPT berarti persyaratan pemilu seperti tercantum pada ayat 1 pasal 22E Bab VIIB tidak terpenuhi, tanpa harus kita menuduh siapa yang tidak jujur dan tidak adil. Priiiit….

3 Tanggapan to "Priiit…."

visit my blog
http://jerzz.wordpress.com/
ingin tukeran link mohon konfirmasi di blog saya

Mas Sjam, terimakasih atas komentar artikelnya di Kompasiana. Kembaran artikel juga ada di rioseto’s blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: