SyamJr's WebBlog

Dari Munas Golkar Hingga Kemelut Emosi Geopolitik.

Posted on: Oktober 10, 2009

Barusan saya membaca dua artikel menarik di publikblog kompasiana. Satu artkel ditulis oleh bloger kondang Prayitno Ramelan dengan judul “Golkar Bangkit dan Ical Bersiap Untuk 2014”.  Artikel menarik yang satunya lagi berjudul “Momentum G20” press release Ketua Global Nexus Intitute, Christianto Wibisono.

Salah satu yang istimewa dari tulisan Pak Pray, karena  artikel beliau  selalu  bersandar kepada data. Data diolah menjadi analisa dan premis yang diungkap dengan bahasa yang santun. Kondisi Partai Golkar sekarang agaknya memerlukan kemampuan seperti beliau. Kenapa ini saya kemukakan, karena saya tertarik dengan masuknya Rizal Malarangeng ke dalam struktur DPP Partai Golkar yang kalau todak salah pada bidang kajian dan analisa kebijakan.

Artinya Partai Golkar kedepan dibawah ARB mempunyai organ dan figur kompeten untuk melakukan penghimpunan dan pengolahan data guna dianalisa sebelum membuat kebijakan strategis dan aplikatif sang ketua umum dalam menjalankan program partai.

Kekalahan partai Golkar pada pileg dan pilpres 2009, menurut hemat saya disebabkan seluruh kader partai terlena oleh “perasaan” sebagai partai besar, mempunyai jaringan sampai kepelosok tanah air, sebenarnya kader partai tidak lagi saling terkait membentuk jaringan antar kader. Tegasnya, jaring itu sudah sobek sobek. Analisa politik yang dulu disebut sebagai “kirka” tidak dilakukan oleh figur kompeten. Untuk hal ini disebabkan partai hanya punya jalur “G” sementara figur dari “jalur “A” yang berkemampuan membuat kirka tidak lagi berada dalam struktur partai.

Lalu mekanisme pengambilan keputusan untuk kebijakan strategis “terlampau demokratis”, mengakomodasi seluruh pendapat floor. Ibaratnya menembak, ada dua orang untuk satu senapan, yang satu membidik dan yang lain menarik triger tidak lah mungkin tepat mengenai sasaran.

Figur RM adalah orangnya ARB di Freedom Institute yang berperan pula pada kemenangan SBY dan Partai Demokrat pada pilpres dan pileg 2009. Kira kira inilah yang ada di benak Abu Rizal Bakrie. Pengalaman nampaknya menjadi guru sepanjang jaman.

Selamat berjuang ARB.

***

Artikel Christinto Wibisono dengan judul ; Momentum G20 : Indonesia Inc. dalam Era G20 dan Kemelut Emosi Geopolitik. Artikel ini menurut saya sangat informative, terurai dengan runtut dan lugas, sehingga pokok bahasan dapat dipahami meski sejujurnya saya sangatlah awam dengan konten tersebut. Artikel ini memberikan pemahaman bahwa meskipun terdapat kesepakatan melalui KTT G20, ternyata masih terdapat agenda terselubung lainnya yang menyangkut kepentingan nasional masing masing.

Lebih menarik lagi bahwa ternyata dalam skala global terdapat upaya untuk “meminggirkan”  peranan dolar Amerika pada skema financial  internasional digantikan dengan Euro ( Eropa), Huan ( China ), Yen ( Jepang ) dan Dinar ( Dewan Kerjasama Teluk ) serta emas batangan. Apakah ini pertanda bahwa supermasi dolar Amerika Serikat akan segera berakhir? Masyarakat dunia tengah berupaya untuk mengurangi perdagangan uang sebagai komoditas yang menyebabkan dunia tergantung kepada US Dolar dan perilaku politik USA.

Dikabarkan bahwa Iran akan menganti cadangan devisanya dari  dolar Amerika Serkat ke mata uang Eropa atau EURO. Sementara negara seperti Perancis, Jepang, China dan Russia melakukan langkah strategis yang konon dilaksanakan  melalui perundingan rahasia. Bukankah mereka  justeru  dari Negara anggota G20 itu sendiri. Mengapa? Apalagi kalau bukan berlatar belakang kepentingan pragmatis masing masing negara. Bagaimana dengan Indonesia? Ketua Global Nexus Institute, Christianto Wibisono  berkomentar ;

“Harapan kita tentu, elite politik mampu memainkan kartu diplomasi global dalam kemelut geopolitik secara canggih. Agar kita tidak hanya jadi jago kandang saling peras atau saling mengemis, tapi konyol dalam diplomasi global. Kabinet jelas memerlukan think tank dan Lemhanas yang diupgrade bisa menjadi braintrust geopolitik untuk comprehensive national strategy yang mengacu pada pencapaian cita cita Visi Indonesia 2025.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Oktober 2009
S S R K J S M
« Jul   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: