SyamJr's WebBlog

Jika Pak M.NUH Mundur…Siapa yang Mau?

Posted on: Oktober 17, 2009

“Saya diminta untuk membangun karakter yang kuat. Karakter yang dimaksud bukan sekadar kesantunan, tetapi juga kreativitas, inovasi, dan pribadi yang akrab dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,” demikian ungkap Prof. Muhammad Nuh kepada sejumlah wartawan, setelah dia mengikuti “tes kesiapan bertugas” di Puri Cikeas. Menurut berita Kompas.com, beliau  diminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi Menteri Pendidikan Nasional  KIB II 2009-2004.

Ungkapan beliau itu merupakan deskripsi tugas dan tanggung jawab seorang Menteri Departemen Pindidikan Nasional. Jadi itulah tujuan program pembangunan manusia Indonesia yang diselenggarakan Departemen Pendidikan Nasional pada periode mendatang. Kinerja Departemen Pendidikan Nasional diukur dan dinilai berdasarkan deskripsi semacam itu, siapapun figurenya yang akan menduduki jabatan tersebut.

Saya kira boleh disimpulkan bahwa apa yang diungkapkan oleh Prof. Muhammad Nuh adalah pandangan dan keinginan Presiden yang diamanatkan untuk jabatan Mendiknas. Itulah visi dan misinya. Karakter manusia Indonesia yang diinginkan presiden adalah manusia Indonesia yang santun,  kreatif, inovatif, mempunyai kesadaran penuh pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupannya.

Kesaaran Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kesadaran Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Jika boleh “sedikit rese”, kepengennya saya menambahkan deskripsi tersebut dengan satu kata ‘moral’ sehigga berbunyi yaitu sbb; ” Membangun moral bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yangmaha Esa, berkarakter santun, kreatif, inovtif dan mempunyai kesadaran penuh pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan berbangsa.”

Kenapa demikian? Karena apa yang diungkapkan Mohammad Nuh diawali dengan kata santun yang tentu korelasi dengan moral. Pendidikan dengan korelasi moral maka main stream nya adalah agama yang dalam hal ini berarti tugas dan tanggung jawab Depatemen Agama. Lantas apakah Mohammad Nuh ,  pakar elektonika, yang  sekarang Menteri Komunikasi dan Informasi akan jadi Menteri Agama? He he he …tentu tidak demikian maksudnya.

Jadi bagaimana donk. Deskripsinya mungkin bisa dipilah dengan mengeluarkan satu kata ‘santun’ dari deskripsi tugas dan tanggung jawab Mendiknas. Tugas dan tanggung jawab membangunan ‘kesantunan’ bangsa ini dibebankan ke pundak Menteri Agama. Sehingga Departemen Agama mempunyai tugas dan tanggung jawab membangun moral bangsa yaitu membangun manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yangmaha Esa.

Departemen Agama tidak lagi mengurusi “perjalanan” haji dan umroh. Permasalahan visa, hotel, pemberangkatan, pemulangan dan transport jamaah haji dan umroh dtugaskan kepada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Mengenai ‘manasik’ haji , dan  bimbingan ibadah tentu masih ada di Depag. Tugas membangun manusia Indonesia yang santun dipindahkan kepundak Menteri Agama.

Depdiknas bertugas menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, bertanggung jawab membangun manusia Indonesia yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berkarakter kreatif, inovatif dan ekonomis. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan tujuan membentuk manusia Indonesia yang ‘santun’ nampaknya terlalu berat bagi tugas Mendiknas. Menurut saya akan bias dengan tugas Depag atau bahkan menjadi tumpang tindih.

Nah sekarang jika pak Muhammad Nuh menyatakan mundur karena merasa begitu berat tugasnya…adakah yang mau menggantikannya?

Enak aaja😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Oktober 2009
S S R K J S M
« Jul   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: