SyamJr's WebBlog

Nenek Moyangku Orang Pelaut, Kapalnya Mana?: Tantangan Buat Bung Fadel.

Posted on: Oktober 19, 2009

Mengembalikan keberanian masyarakat kita untuk mengarungi samudera membutuhkan kebijakan brilliant dan spesifik agar nelayan kita tidak cuma berangkat sore pulang subuh, berlayar sebatas perairan kampoeng sendiri. Keberanian melaut akan tumbuh jika mereka menguasai ilmu pelayaran dan keterampilan pelaut  yang diantaranya menyangkut aspek teknis nautis, navigasi, komunikasi radio atau marconis, masinis, cuaca, arus dan perilaku laut, tradisi dan etika pelaut. 

Masih ada lagi pengetahuan lainnya yang harus dikuasai yaitu seperti hukum laut, geography, wilayah tangkap, kemiliteran dan tritorial maritime, search and Resecue. Ini hanya sebagian dari dasar pengetahuan yang harus dikuasai oleh seorang pelaut. Kita butuh perubahan dari masyarakat nelayan tradisional menjadi masyarakat pelaut profesional sehingga kita mampu memenuhi dan menjaga kepentingan atas territorial maritime nasional.

Walau Berpisah laut dengan pantai....

Walau Berpisah laut dengan pantai....

Berbicara mengenai menjaga keutuhan teritorlial maritime nasional, bagimanapun harus pula membicarakan armada laut.  Paling tidak dibutuhkan kapal penangkap ikan yang berbobot 250 GRT per unit. Diperlukan setidaknya 10.000 kapal nelayan ukuran 250 GRT. Sedikitnya dibutuhkan delapan personil terdiri dari seorang nachoda atau kapten dengan tujuh anak buah kapal (ABK) untuk mengoperasikan kapal 250 GRT.

Bicara kapal mesti ada awaknya, jadi untuk 10.000 kapal diperlukan 10.000 kapten dan 70.000 ABK. Jadi jika bicara menjaga keutuhan territorial maritime tapi gak punya kapal, nonsen…namanya. Punya kapal gak punya pelaut =..nonsen. Punya pelaut tapi gak ada ilmunya alias tradisional, = nonsen. Punya kapal, punya pelaut, tapi gak punya manejemen yang baik = nonsen . Punya kapal, punya pelaut, punya manajemen tapi gak punya duit modal….nonsen alias omdo juga.

Mendidik calon pelaut melalui crash program, mungkin perlu biaya antara Rp.32,5 juta/orang/ tahun dalam dua tahun. Jika kita butuh 80.000 pelaut untuk program pertama, dibutuhkan biaya pendidikan 65 juta kali 80.000 = Rp.5,2 triliun. Alokasi dana pendidikan ini mungkin bisa ditanggung APBN tetapi untuk pengadaan armada dibutuhkan alokasi kredit sebesar 145 triliun untuk 10.000 unit kapal penangkap ikan modern yang harganya sekitar 14,5 miliar per unit. Inilah kira kira hitungan kasar kalau Fadel Mohammad ingin sukses melaksanakan  misi Departemen Kelautan dan perikanan periode 2009 – 2014.

Politisi Partai Golkar Fadel  Mohammad yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Gorontalo, sejak diketahui bergabung dengan Abu Rizal bakrie merebut Partai Golkar, sudah diprediksi bahwa dia akan masuk jajaran menteri KIB II Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia yang sukses dengan acara Parade armada laut internasional ‘Sail Bunaken’ itu memang akhirnya di panggil juga ke Puri Cikeas Indah untuk mengikuti “ Tes Kesiapan Bertugas”. Usai menjalani tes, Fadel sempat menjelaskan bahwa Presiden banyak menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan perikanan dan kelautan.

“Presiden memberikan perhatian agar kita menjaga sumber daya alam untuk kepentingan rakyat. Presiden juga mengatakan, Indonesia adalah negara maritim sehingga perlu dijaga keutuhannya,” katanya  sebagaimana disiarkan televisi.

Selain itu, “Presiden juga berbicara mengenai pentingnya memberikan perhatian kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, seperti daerah pesisir, sehingga pendapatan mereka meningkat. Dalam menjalankan tugas, kata Fadel, Presiden meminta dirinya berkoordinasi dengan TNI AL, kepolisian, dan pihak-pihak lainnya”. Demikian diberitakan Kompas.com.

Jika hitungan kasar seperti pada bagian awal tulisan ini diolah menjadi crash program Depatertemen Kelautan dan Perikanan, pastilah membutuhkan sokongan dana besar investasinya, maka tidak salah Fadel Mohammad berada disitu. Keterlibatan enterprenuer sangat dibutuhkan untuk realisasinya. Sebagaiama kita ketahui track recod dia adalah pengusaha, setelah jadi Gubernur di Gorontalo dia menjalankan program pertanian Jagung bagi kesejahteraan rakyatnya dan sukses disana.

Sekarang kalau dilihat dari tampilannya yang sangat pede, tokoh Partai Golkar ini pasti mau memimpin Departemen Kelautan dan Perikanan, meskipun jika dilihat dari kebutuhan anggaran begitu besar dan permasalah yang tidak sederhana. Memanglah kita punya semboyan “Nenek Moyangku Orang Pelaut” tapi nyatanya sekarang gak punya kapal, adalah tantangan tugas yang berat.

Apakah bung Fadel masih mau menerima tugas ini? Walau berpisah laut dengan pantai, tak akan goyah gelora jiwa, beliau akan terus mengabdi kepada negera dan bangsa. Tapi kalau ragu sebaiknya mundur….

Enak aaaja😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Oktober 2009
S S R K J S M
« Jul   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: