SyamJr's WebBlog

Reformasi Hukum?

Posted on: November 13, 2009

Entah dari mana awal sumbernya kini bergulir perlahan ‘reformasi hukum ‘ di Indonesia. Topik ini dilontarkan ke public terkait pemberantasan mafia hukum , makelar kasus alias markus dan carut marut seputar kasus Bibit & Chandra. Paling actual adalah kasus Wiliardi Wizar yang mengungkapkan adanya rekayasa BAP  menjerat Antasari  Azhar  untuk ditimpakan sebagai intelektual daader, otak pelaku kasus terbunuhnya Nashruddin Zulkrnaen.

Wiliardi adalah saksi mahkota yang diajukan jaksa penuntut umum  sebagai saksi yang memberatkan dakwaan ternyata didepan majelis hakim sidang Pengadilan  berbalik meringankan terdakwa Antasari, dengan demikian  kesaksiannya adalah kesaksian yang benar disbanding BAP sebagaimana dimaksud Pasal 185 ayat (1) KUHAP. Kesaksian  ini menyeret beberapa nama petinggi kepolisian.

Sebelumnya kita saksikan pula secara live siaran TV, pemutaran rekaman hasil sadapan KPK terhadap Anggodo di sidang MK yang memunculkan kontroversi dan prasangka buruk terhadap institusi penegak hukum.

Demikian pula dengan Rapat Kerja Komisi III DPR RI yang riuh rendah dengan tepuk tangan dan gaya celatah celoteh, membicarakan materi substansi perkara,  seolah oleh bukan sidang suatu institusi Negara, maka semakin kuatlah gagasan untuk melakukan reformasi hukum di Indonesia.

Pematangan situasi atau conditionings  untuk melangsungkan ‘reformasi hukum’  nampaknya tinggal satu langkah lagi yaitu vonis sidang pengadilan. Manakala vonis yang dijatuhkan dianggap tidak memenuhi “rasa keadilan masyarakat” sepertimya  hampir dapat dipastikan bahwa gelombang protes akan bergulung gulung bagai tsunami yang menggambarkan bahwa rakyat sudah tidak percaya lagi kepada hukum.

Krisis kepercayaan terhadap institusi Negara dan pemerintahan akan melebar kemana mana akan sangat merugikan kehidupan berbangsa bernagera, tidak bisa dianggap hanya sebagai proses ‘belajar berdemokrasi. Manakala perkembangan keadaan negeri ini cenderung menjadi chaos hendaknya jangan dianggap remeh. Keadaan chaos yang disebabkab konflik kepentingan untuk mendukung dilaksanakannya reformasi hukum di Indonesia. Lantas apakah salah jika dilakukan  ‘reformasi hukum’ di Indonesia .

Pertanyaan diatas terasa agak kurang pas. Saya lebih cenderung mengajukan pertanyaan ; Siapakah yang akan melakukan dan menjalankan refromasi hukum itu?  Tentu mereka yang mempunyai kekuataan luar biasa, mereka  yang bisa memaksa siapa saja untuk tunduk patuh mentaati “hukum reformasi”. Nampaknya hanya kekuatan besar luar biasa yang bisa melakukan ‘reformasi hukum’ karena hal ini sangat mendasar dan berdampak sangat luas bagi bangsa ini.

Mungkin ada diantara kita yang mengatakan  bahwa reformasi hukum hanya bisa dilakukan oleh kekuatan rakyat atau ‘people power ‘.  Namun muncul lagi pertanyaan, siapa pula yang mengendalikanya? Atau adakah  kekuatan lain yang menempel dibalik kuping  sedang mengamati berbagai konflik dinegeri ini.

1 Response to "Reformasi Hukum?"

sebuah pekerjaan yang berat dalam mereformasi hukum dan birokrasi di Indonesia, semoga bangsa ini bisa menjadi lebih baik dan di hormati negara tetangga. salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d blogger menyukai ini: