SyamJr's WebBlog

Batalkan Angket : Mari Bertemu di Pengadilan.

Posted on: November 28, 2009

Penggunaan hak angket yang diusulkan sebagian anggota DPR RI merupakan aspirasi rakyat. Namun demikian  tidak seluruh rakyat lantas terwakili menyetujui penggunan hak angket terhadap kasus bailout Bank Century. Saya yang merasa aspirasi politiknya tidak terwakili, dengan ini mengusulkan agar DPR RI menghentikan upaya penggunaan hak angket terkait kasus tersebut. Mengapa?

Angket adalah hak politik yang dilaksanakan dengan mekanisme politik, dengan langkah dan siasat politik. Sudah barang tentu akan menghasilkan rumusan politik. Dengan demikian penyelesaian ‘skandal’ bailout Bank Century juga secara politik. Penyelesaian secara politik yang terbaik adalah kompromi politik. Saya kira penyelesaian secara politik  tidak tepat atas suatu sangkaan terjadinya tindak pidana pada kasus bail out Bank Century.

Penyelesaian sangkaan terjadinya tindak pidana harus melalui sidang pengadilan jika kita semua sepakat untuk menegakkan hukum di negri ini. Memasukan kasus ini melalui angket bermakna sebagai keinginan untuk menyelesaikannya pada ranah politik, tidak pada ranah hukum. Angket hanya akan memperpanjang  perdebatan kontra produktif seputar apakah kasus ini melanggar undang undang atau tidak.

Seperti yang sedang berkembang sekarang, pengusung angket berkeyakinan bahwa telah terjadi pelanggaran terhadap undang undang oleh pihak Bank Indonesia dan Pemerintah. Sementara BI dan Pemerintah mengatakan bahwa kebijakan bailout itu sudah memenuhi ketentuan undang undang. Terhadap perbedaan penafsiran dan pandangan ini, tidak ada jalan lain kecuali semua kita berani mengatakan : Mari kita bertemu di pengadilan.

Sebelum adanya usul pengunaan hak angket di DPR RI, KPK lah yang pertama meminta Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk melakukan audit investigasi. Inisiatif KPK seharusnya  dihargai sebagai upaya penegakkan hukum. Inisiatif KPK pada saat Bibit & Chandra masih aktif ini memang merupakan signal yang menyakitkan.

Ternyata sekarang terdapat upaya kuat untuk membelokannya ke ranah politik melalui penggunaan hak angket DPR RI. Kekuatan mayoritas di parlemen Partai Demokrat dan koalisi besarnya sangat memungkinkan mencapai hasil kompromi politik, tetapi bukan penyelesaian secara hukum.

Pernyataan politik Politisi senior Partai Golkar, Zainal Bintang bahwa mantan wakil presiden Jusuf Kalla perlu membuka suara terkait skandal Bank Century, karena Jusuf Kalla memiliki pengetahuan tentang masalah tersebut.

“Kami menyarankan JK berjiwa besar sebagai ’bapak bangsa’ agar mau buka suara guna memperterang masalah ’yang gelap’ di sekitar skandal bernilai triliunan rupiah tersebut,” katanya di Jakarta, sebagaimana disiarkan kompas.com Jumat.

Upaya untuk menarik mantan wapres Jusuf Kalla bukanlah langkah yang tepat. Karena sebagaimana kita maklumi bahwa bobot politik menjadi sangat signifikan dengan melibatkan kembali tokoh sekaliber beliau, akan merangsang perdebatan politik namun mengesampingkan penyelesaian secara hukum.

Kecendurangn untuk menyelesaian  kasus bailout Bank Century secara out of settlement mungkin langkah yang benar tetapi tidak bijaksanan. Karena itu sekali lagi, batalkan penggunaan hak angket ; Mari bertemu di pengadilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d blogger menyukai ini: