SyamJr's WebBlog

Pernyataan Keprihatinan: SBY Sebagai Target Reformasi Jilid Dua.

Posted on: Desember 5, 2009

Apa yang akan terjadi besok setelah 9 Desember 2009, mungkin suatu gerakan yang me’manage’ aspirasi semangat anti korupsi menjadi suatu gerakan politik. Sebagai suatu gerakan politik adalah pasti dan tidak multi tafsir. Namun apakah gerakan itu murni dijiwai oleh semangat anti korupsi atau ada skema politik yang lain, tentu masih tanda tanya. Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono sendiri dengan pernyataanya telah mengingatkan public tentang kemungkinan adanya  gerakan tersebut.

Pada rapat paripurna kabinet (4/12), Presiden SBY mensinyalir aksi massa besar-besaran itu akan dimanfaatkan kelompok tertentu untuk tujuan politis. “Saya mendapatkan informasi, pada 9 Desember akan ada gerakan sosial. Sebagian ingin betul-betul ingin memperingati Hari Antikorupsi. Tapi ada informasi yang saya dapatkan, motifnya bukan itu, tapi motif politik yang tidak berkaitan dengan korupsi,” kata Presiden SBY. Bahkan Ada muncul satu tokoh yang lima tahun terakhir ini tiba-tiba muncul, ya selamat datang,” kata SBY.

Penyataan Presiden dapat dipahami dan bukanlah suatu paranoia, karena faktanya dapat disisir kembali ke gerakan reformasi 1998. Gerakan reformasi 1998 adalah gerakan untuk mengembalikan seluruh ideology politik rakyat Indonesia ke dalam tatanan kehidupan kenegaraan dengan jargon demokratisasi.

Bahwa sejarah bangsa ini dengan system multi partai diketahui menempatkan seluruh ideology politik rakyat dalam tatanan kenegaraan. Ada berapa banyak ideology itu? Tergambar dari banyaknya partai sebagai symbol kebebasan berfikir, berpandangan, menyatakan pendapat dan mengorganisasikan diri guna menjalankan ideologinya masing masing.

Bung Karno membuat formulasi keragaman ideologi politik rakyat Indonesia dalam tiga kelompok besar yaitu kelompok agamis, kelompok nasionalis dan kelompok komunis atau yang popular disebut NASAKOM. Meskipun formulanya demikian, namun Bung Karno tidak melakukan pembatasan atau penyederhanaan organinasi partai menjadi hanya tiga partai politik saja. Inilah gagasan besar Bung Karno yang dia pertahankan sampai akhir hayatnya, begitulah seorang negarawan, seorang pemimpin besar yang teguh dengan pendirian dan sikap politiknya. Apapun yang terjadi dia tegar mengahadapi apapun bentuk resikonya.

Pasca G 30 S PKI (1965) tampil Pak Harto dengan gagasan triloginya yaitu Stabilitas, Pertumbuhan dan Pemerataan untuk melakukan pembangunan terancana berkelanjutan (Repelita) melalui Garis Besar Haluan Negara atau GBHN. Pendekatan stabilitas yang dilakukan Pak Harto mengharuskanya melakukan penyederhanaan organisasi partai Politik menjadi hanya tiga partai saja yaitu Partai Persatuan Pembangunan dari kelompok agamis, Partai Demokrasi Indonesia dari kelompok nasionalis dan Golongan Karya dari kelompok kekaryaan sebagai representasi kekuatatan social politik ABRI.

Terlampau banyak partai politik hanya menimbulkan gangguan terhadap stabilitas politik yang pada akhirnya mengganjal laju pembangunan. Sekarang kita dapat menilai dan merasakan apakah pemikiran Pak Harto sesuai atau tidak dengan realitas kehidupan dewasa ini.

Begitulah Pak Harto sebagai negarawan, pemimpin bangsa yang dengan tegar mempertahankan pandangan dan sikap politiknya dalam membangun bangsa dan negara ini. Terlepas dari judgement benar atau salah akan teruji oleh sejarah. Apapun akan ditanggung resikonya sebagai seorang pemimpin bangsanya.

Pada dasarnya eksistensi Golongan Karya adalah menggantikan posisi kelompok komunis dalam konteks NASAKOM. Jadi secara ideologis pada dasarnya, Pak Harto hanya melanjutkan gagasan orisinal Bung Karno, namun Pak Harto menyingkirkan ideology komunis dari tatanan kehidupan demokrasi di Indonesia. Melalui mekanisme Sidang Umum Majelis Permusyarwaratan Rakyat sebagai institusi tertingi negara yang melahirkan TAP MPR RI yang melarang ideology komunis di Indonesia hingga saat ini. Jadi bagi Bung Karno, komunisme adalah idelogi politik rakyat yang nyata dan harus tetap hidup sebagai bagian dari kehidupan demokrasi. Namun bagi Pak Harto, komunisme adalah penghianat Pancasila titik.

Sikap politik Pak Harto inilah yang menyebabkan 32 tahun komunisme menderita berat karena tidak bisa tampil di panggung politik nasional, tidak bisa eksis dalam tatanan kehidupan kenegaraan. Lalu bagaimana setelah reformasi 1998?

Jika reformasi adalah gerakan politik untuk mengembalikan seluruh ideology politik rakyat kedalam tatanana kehidupan Negara Republik Indonesia. Tetapi realitanya pada era reformasi seperti sekarang sedang berlangsung, komunisme antara ada dan tiada. Bagi kaum reformis, komunisme dalam wilayah abu abu, hidup tak jelas mati tak mau. Karena menengok ke negeri Republik Rakyat China dimana komunisme adalah kesejahteraan bagi semua.

Dengan jargon anti korupsi, gerakan politik sangat mungkin membuat sasaran dalam tahapan demi tahapan dimana wapres dan menkeu sebagai sasaran antara, target sebenarnya adalah Presiden SBY, sekaligus melakukan reformasi jilid dua yaitu mengembalikan komunisme kedalam tatanan kehidupan kenegaraan di Indonesia.

Dengan ini saya menyampaikan pernyataan keprihatinan, sebagai sikap politik saya  yang dijamin konstitusi negara Republik Indonesia, UUD 1945

Semoga Allah SWT memberikan rakhmat dan hidayahNya bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: