SyamJr's WebBlog

SANG GURU

Posted on: Juni 26, 2015

Pada dekade 70’an pasar terbesar di kota intan Martapura, Kalimantan Selatan yang namanya “Pasar Batuah” terbakar habis sampai ke pondasinya. Pastilah  kerugian besar menimpa masyarakat pedagang di sana. Pemerintah Kabupaten Banjar yang ketika itu (1974-1984) dipimpin oleh Pak Soeindijo selaku Bupati KDH, beliau sangat prihatin karena kegiatan perekonomian warganya pastilah terganggu.

Tertimpa musibah terkadang bisa saja membuat fikiran kita terbalik balik. Masa sih ada yang sempat komen, dari pada kebakaran lebih baik kemalingan, katanya. Kalau kebakaran bisa sampai tikus got pasar sekalipun ikut hangus. Kalau kemalingan tidak semuanya raib, katanya…masih ada yang “disisakan” sama si maling.

Mungkin inilah yang dimaksudkan filsof Inggris Bertrand Russell; Jika musibah datang maka datangnya beruntun – sudah harta benda terbakar  masih berlanjut dengan pikiran pula yang hangus.

Padahal Islam mengajarkan apabila terjadi musibah maka ucapkanlah Innalillaahi wa inna ilaihi………………..

Dulu, mungkin sekarang juga masih ada tradisi minta do’a kepada para kiayi atau ulama agar usaha lancar menguntungkan. Sebelum peristiwa kebakaran besar seluruh kompleks Pasar Batuah, seorang pedagangang, sebut saja sebagai “Anang Labih” minta doa kepada seorang ulama terkenal yang lazim disebut sebagai guru.

Oleh Sang Guru langsung dibacakan doa yang panjang berulang ulang sebagai maksud meminta bersungguh sungguh. Untuk kesejahteraan jamaahnya Sang Guru mohonkan makbulan kepada Allah SWT. Si pedagang sedemikian senang dan segar sepulangnya dari Sang Guru. Ternyata bukan hanya dibacakan doa, tetapI Sang Guru juga memberikan uang sekadarnya buat tambahan modal dagang.

Alhamdulillah, segala puji untuk bersyukur hanya kepada Alllah SWT Tuhan yang maha pengasih maha pemurah dan pencurah rahmah. Dagangan maju pesat, rezeki datang membandar, tokopun bersinar. Maklum listrik PLN di komplek pasar ketika itu memang redup seperti mata ayam ketiduran. Penghasilan toko meningkat pesat jadi wajarlah jika ada penambahan daya listrik, supaya lebih terang dan toko bisa jualan sampai larut malam. Alhamdulillaah…

Kenikmatan sukses dagang su Anang Labih di Pasar Batuah Martapura mungkin menjadi lebih sibuk dari sebelumnya. Sehingga kepada Sang Guru  lupa atau entah memang terlupakan. Bulan berganti tahun berulang tahun. Sudah bertahun tahun tak juga pernah datang kembali kepada Sang Guru untuk minta do’anya lagi. Bagi Sang Guru sendiri memang tak pernah mengingat lagi siapa yang pernah diberikan do’a dan bahkan diberikan sangu modal seadanya.

Sang Guru mengatakan bahwa para ulama memang berkewajiban mendoakan jamaahnya. Islam juga menganjurkan kepada para saudagar yang lebih kaya untuk memberikan santunannya. “Jadi apa yang pernah kami berikan kepada seseorang adalah dari saudara kita yang lain”.

Begitulah digambarkan peran ulama sebagai pemipin ekonomi masyarakatnya. “Kami hanya memintakan saja agar ada keseimbangan rohaniah dalam kehidupan kita bermasyarakat.”  Kalau tidak salah begitulah pernah diucapkan beliau kepada wartawan yang datang wawancara.

Entah apakah ada hubunganya, ketika terjadi kebakaran besar Pasar Batuah yang disebabkan akibat korsleting listrik atau istilahnya tehniknya disebut “hubungan pendek arus listrik”. Seluruh kompleks terbakar habis sampai tikus got sekalipun ikutan hangus bergelimpangan jadi arang, termasuk toko su “Anang labih”.

Demikianlah catatan pendek dari riwayat pada periode yang pendek, akibat hubungan pendek korsleting listrik. Relasi dagang ikutan jadi pendek akibat tak mampu bayar kembali pinjaman, toko yang jadi agunan terpaksa pindah tangan, balik nama atas permintaan pihak bank.

Wallahu’alambissawwab *****

Syam Jr.

Banjarmasin, 9 Ramadhan 1436 Hijriah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Juni 2015
S S R K J S M
« Mei   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d blogger menyukai ini: