SyamJr's WebBlog

Ketika si Bagong Anak Generasi Gadget.

Posted on: September 4, 2015

Musim berganti tak normal seperti dulu lagi. September, dulu kalau sudah ber ber ber biasnya musim hujan. Sekarang sudah masuk bulan September tapi kemarau masih berlangsung, kekeringan dank abut asap melanda dimana mana. Climate changes mempengaruh alam, perubahan iklim karena ulah manusia, kata para pakar kayak orang kagetan, mereka teriak dengan lantang “Manusialah yang merusak alam ini”.

Kok serius banget kakek nulisnya. Komentar si cucu yang lagi nyimak monitor compi. Terserah kakeklah …..oke terserah deh mau pendek mau panjang musim kemarau tahun ini semoga saja segera turun hujan tapi jangan banyak banyak. Ntar Jakarta kebanjiran pula, ntar marah marah, nyumpah nyumpah sama A Guan.

Kok….siapa sih nama A Guan…bukannya Pak A Hok yang sekarang Gubernur DKI Jakarta. Si cucu bilang sampil pergi berlalu….suka suka kita anak anak gadget hi hi hi kakek jadi bingungan.
Perubahan perilaku anak mungkin saja akibat pengaruh perubahansocial behavior lingkungannya, mungkin bisa juga lantaran jargon revolusi mental lagi kaprah gebyah uyah atau apalah.

Tetapi nampaknya tak hanya di dunia masyarakat manusia, eeeehhhhh..di dunia wayang juga. Perilaku wayang mulai berubah yang terkadang terasa seperti aneh gitu. Tentu banyak yang kenal tokoh wayang paling popular, yaitu; Semar atau sering juga disebut Pak Lurah Semar dan tiga anaknya, Petruk, Gareng plus satu lagi anak hasil minta melalui bertapa atau semedi Sang Semar.

Konon gara gara Sang Semar Badranaya menderita sakit yaitu kalau ..maaf kalau beol hasilnya tidak utuh tapi belah belah. Menurut dokter ada bulu yang mlintir dekat anus. Ki Lurah Semar menolak untuk dicukur karena khawatir justeru dokter akan modar. Dia punya “knal pot bakal otomotasi beraksi jika ada benda tajam mendekat lubang knalpotnya.

Pergilah beliau Semar bersemedi agar dibebaskan dari bulu yang mlintir itu tadi. Namanya juga wayang, Semar meminta dalam semedianya agar si bulu dirubah wujudnya jadi makhluk…..bloarrrr grugug gruguk..jadilah yang namanya si Bagong. ( Sopo iki dalange, kok semprul banget ).
Sudah dibilangin bahwa perubahan perilaku anak mungkin saja akibat pengaruh perubahan social behavior.

Si Bagong menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang sedang berlangsung, namanya juga wayang. Si Bagong memang termasuk anak generasi gadet. Pokoknya siang malam pagi sore dan kemana saja tak pernah berpisah perangkat komuniasi canggih berbagai merek. Sikapnya seperti nggak ngeh, acuh bae, tapi tangannya kriting terus main, sementara tak banyak yang tahu sebenarnya telinganya mendengar dan merekan apa apa saja meskipun orang sedang berbisik.

Nah kemaren sewaktu Keluarga Ki Lurah Semar berkunjung seperti biasa ke Istana, dekat tugu emas 124 kg, Ki Lurah Semar nganter singkong rebus sama jantung pisang rebus juga. Seperti biasa pula beliau Semar selalu diterima sang prabu – anggap saja Pak Presiden kalau sekarang – Wayang sakti seperti Sang Batara Badranaya alias Batara Manikmaya…dewa yang memang luar biasa.

Kalau soal info meski tak ada yang laporin kerja si Luhut, si Panjul, si Akang, Raden Andi, mbakyu jeng Rinem, Pak Kumis, termasuk bisik bisik Si A Guan…apalagi apa apane prengat prengutannya bu De, pastilah Ki Lurah Semar mengetahuinya, karena dia memang bertanggung jawab secara moral bagaimana negeri ini seharusnya, gitu janjinya kepada Sang Batara Guru di Kahyangan.

Pokoknya sebagai orang yang dituakan, Ki Lurah Semar diberi kelonggaran bicara, kasih berbagai wejang lengkap dengan wanti wantinya. Semuanya disampaikan dengan bijak dan terbatas dalam ruang khusus tak mungkin didengar para pelakon harian meskipun punya jabatan setingkat menko atau panglima. Tetapi apa yang terjadi..

Geger info A1 bocor melalui SMS dan MMS…masuk tayangan headline berita teve si brewon Dursasana…..gila bener siapa sih pelakunya. Tidak butuh waktu lama petugs yang bertanggung jawab, Raden Suti kepala Departemen Jasa Sandi Info dapat bukti bahwa yang bocorkan info wejangan dan wanti wanti Ki Lurah Semar ternyata anaknya sendiri.
Laporan lengkapnya, Si Bagong kirim SMS kepada Ki Lurah Semar, bapaknya sendiri – sebagai minute meeting notulensi pertemuan bapaknya dengan Gusti Prabu. Masalahnya Bagong kirim SMS secara terbuka, ditembuskan kepada siapa saja yang disebut sebut oleh bapaknya. Sebagian teks SMS tersebut antara lain kurang lebih sbb:

To : Ki Lurah Semar
Ojo kagetan, Jangan gampang terkejut.
Mendidik kita untuk tidak berbesar kepala menyikapi keberhasilan, dan juga tidak putus asa menghadapi kegagalan. Tidak gampang menuduh orang lain ”ah, ini pasti gara-gara si anu”. Gara gara pengikutnya nggak legowo. Ojo kagetan. Tidak gampang nuding, tidak gampangan merutuk dan mengutuk. Sejatine tidak takabur, maunya kayak orang pasti terus menang kabeh kalo main bola
Ojo gumunan, Jangan mudah takjub dan planga plogo
Banyak hal yang terlihat baik, terlihat manis, namun menjerumuskan manusia ke situasi yang bisa menghancurkan harkat dan martabat. Jadi gini tho lee….Jangan larut pada hal-hal yang terlihat indah, Tetaplah mempertimbangkan dengan teliti menggunakan akal sehat.
Ojo dumeh. Jangan mentang-mentang.
Tetaplah rendah hati, sabar dan mengendalikan diri. Mentang mentang berkuasa lantas cemen dan lebai, dikit dikit ganti, didik dikit copot dikit dikit lapor ….gara gara dibombong dipujung pujung, dipuji dijunjung, disigi disanjung,……brrr…dikadalin nggak ngerasa…….

Terakhir Yang Terhormat bapak Semar…..“Kalau memang dasar kadal kan nggak perlu dikadalin….gimana oom?”-

TTD– Si Bagong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,888 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

September 2015
S S R K J S M
« Agu   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: