SyamJr's WebBlog

Politik Luar Negeri Presiden Jokowi dengan Blok Islam Moderat, Untuk Apa?

Posted on: September 7, 2015

Blok Islam Moderat

“Soekarno-RI & Nasser-Mesir dulu membangun blok anti kolonialisme, saya & Al Sisi membangun blok Islam moderat -Jkw,” tulis akun Twitter Jokowi, Sabtu 5 September 2015. Pernyataan penting yang nampaknya kurang mendapat perhatian terkait kunjungan Presiden Mesir Jenderal Mohammad Al Sisi ke Jakarta. Kalau dulu Presiden Soekarno dan Presiden Gamal Abdul Nasser bertujuan membangun gerakan anti kolonialisme. Sekarang Presiden Jokowi membentuk blok Islam Moderat untuk Apa?

Bagaimanapun sejarah panjang hubungnan Indonesia – Mesir mempengaruhi perjalanan politik dalam dan luar negeri Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa pergerakan Ikhwanul Muslimin di negeri ini bukan ujug ujug muncul representative melalui Partai Keadilan Sejahtera atau PKS.
Pada sisi lain terdapat interaksi kuat antara Ahlussunnah wal Jama’ah atau Aswaja Indonesia dan Aswaja Mesir. Presiden Jokowi dalam konteks ini menyebutnya sebagai Islam Nusanatara.

Sekarang setidaknya ada sekitar 3000 Mahasiswa Indonesia yang belajar di Al Azhar. “Sejak pertengahan abad 19 sudah ada warga Indonesia yang sekolah di Al Azhar, jadi cukup panjang kita coba maksimalkan atau menterjemahkan hubungan baik itu dengan kerja sama saling menguntungkan,” ucap Wakil Menlu RI DR. A.M Fachir. Gambaran umum pembinaan ummat ahlussunnah wal Jama’ah. Mari kita lihat even politik sebelumnya.

Kunjungan Presiden Edrogan.
Menurut catatan saya, pada 31 Juli 2015 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat pernyataan yang memuji karier politik Presiden Joko Widodo. “Saya dan Presiden Jokowi memiliki kesamaan. Dulunya kami berkarier di pemerintahan daerah, sampai saat ini menjadi presiden,” Pernyataan ini dilengkapi dengan pernyataan berikutnya, “Jadi kami sama-sama sudah bisa bagaimana caranya menciptakan demokrasi di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam,”

Sepertinya tidak ada pernyataan politik spesifik dari Presiden Jokowi terkait kunjungan Presiden Edrogan sebagaimana pernyataannya “membangun blok Islam Moderat”dengan Presiden Al Sisi. Umum diketahui bahwa Turki sama dengan Syi’ah, Edrogan adalah pendukung berat gerakan Ikhwanul Muslimin Mesir, Edrogan pendukung berat Mohammad Morsi yang dipenjarakan Presiden Mesir Jenderal Al Sisi. Pernyataan Edrogan terhadap Mesir dengan tegas mengatakan tidak akan membangun hubungan diplomatik dengan Mesir sebelum Morsi dibebaskan dari hukuman mati.

Indonesia surplus terhadap Turki.
Catatan lainnya mengenai kunjungan Presiden Edrogan, beliau memambawa serta 200 penguasaha Turki untuk berinteraksi dengan penguasaha Indonesia. Tanpa menyebutnya secara spesifik kita dapat memahami dengan penguasaha mana interkasi dibangun. Terkait perdagangan bilateral, nilai perdagangan antara Indonesia dan Turki pada 2014 mencapai hampir 2,5 miliar USD.

Neraca perdagangan Indonesia dengan Turki, Indonesia mempunyai surplus perdagangan yang mencapai hampir 415 juta dolar AS,” Dengan kunjungan Edrogan akan banyak peluang pengusaha Indonesia meningkatkan ekspornya ke Turki sudah dapat dipahami kemana arahnya.

Kembali ke pernyataan Presiden Jokowi bahwa beliau dan Presiden Mesir Mohammad Al Sisi akan membangun blok Islam Moderat. Bagaimanakah reaksi pendukung gerakan Ikhwanul Muslimin di negeri ini. Akankah membangkitkan militansi gerakan Ikhwanul Muslimin Indonesia? Atau akan memunculkan kegaduhan politik baru di parlemen? Apakah konflik Sunni versus Syi’ah di Timur Tengah akan boyong ke Indonesia?

Nampaknya perlu bersambung mempelajari konflik politik Mesir yang berlangsung sengit hingga sekarang dibawah Presiden Jenderal Mohammad Al Sisi.

https://syamjr.wordpress.com/2013/08/21/memahami-sumber-konflik-politik-mesir/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 190,824 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

September 2015
S S R K J S M
« Agu   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: