SyamJr's WebBlog

Archive for the ‘essay’ Category

Hen Thak Sri nyesel abis mengapa dia mau saja memenuhi undangan bermain poker dari koleganya yang Kepala Departemen Kepolisian. Awalnya hanya sekadar sosialita tetapi semakin larut malam berubah menjadi ajang judi dengan taruhan besar dan dia kalah…ludes. Bukan gara gara main poker yang menyebabkan bencana menimpa dirinya. Dia merenung dan lebih menyesal mengapa pula dia harus mabuk alcohol….

”betapa bodohnya saya melakukannya pada hal tak terbiasa minum tequila” rintihnya dalam hati. Mengapa pula dia menyetir sendiri ketika pulang kerumah usai bermain poker.

Biasanya ajudan yang merangkap sopir pribadi selalu mendampinginya, malam itu dia mengijinkan ajudannya pulang lebih awal. Keadaan jadi kacau balau, menyetir dalam keadaan mabuk dan menabrak perempuan muda yang sekarang lagi kritis di rumah sakit………………………. Hen Thak Sri, jaksa khusus extraordinary crime mendapatkan dirinya sekarang di sel tahanan polisi……..…sial.

***

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Dari berbagai posting mengenai isi buku Legacy of Ashes, History of the CIA, tentang Indonesia.  Banyak Pendapat yang menyatakan bahwa pemerintah RI harus mengambil langkah tertentu. Ada yang berupa tuntutan membersihkan nama, ada yang tuntutan hukum, ada yang mengkaji lebih dalam, ada yang marah marah. Ada pula yang menyatakan bahwa itu fitnah Amerika. Tapi ada juga ada yang boleh boleh saja. Ada yang minta agar buku itu dilarang edar.

Prof. BJ Habibie sepertinya termasuk yang cuek bebek, mau wartawan mana kek masa bodoh, katanya menjawab pers. Tapi ada sambungannya, dia ungkapkan dengan gaya analog “ masa kita menari dengan gendang ditabuh pihak lain” dengan gaya khas Pak Habibie. Tentu maksudnya bangsa Indonesia jangan menari dengan gendang yang ditabuh Amerika, kira kira begitu. Apa maknanya? Menurut saya, pengungkapan mengenai Adam Malik adalah isue tendensius propaganda spionase CIA.

Baca entri selengkapnya »

Kampanye politik yang lagi ngetren dibicarakan aktivis partai adalah iklan yang menampilkan para pahlawan diantaranya Bung Karno dan Pak Harto. Saya gunakan istilah aktivis partai karena untuk disebut sebagai politisi terasa kurang representatif. Aktivis yang pokoknya asal debat saja biar dianggap tokoh. Maksudnya, dengan memperdebatkan masalah iklan politik kali ini, target nilai keuntungan politiknya tidak begitu signifikan untuk kepentingan partainya sendiri apalagi untuk kepentingan nasional.

Baca entri selengkapnya »

Jusuf Kalla tidak akan maju sebagai calon pada Pilpres 2009 baik sebagai kandidat wakil apalagi untuk maju sebagai calon presiden. Pandangan ini memang spekulatif, tapi bukan berarti tidak ada kemungkinannya. Dasar tinjauan ini terpulang kepada kondisi Partai Golkar saat ini yang menurut hemat saya sangat dilematis. Penasaran? apa alasannya? Mau tau?………….yuk kemon kehalaman berikut 🙂

Baca entri selengkapnya »

Kemaren, hari Minggu 09 Nopember 2008 saya diminta untuk memberikan kata sambutan untuk acara pernikahan anak seorang sahabat yang sudah seperti saudara sendiri. Dengan demikian anaknya yang akan menikahpun sudah seperti anak sendiri. Jadi saya diminta untuk memberikan kata sambutan atasnama beliau dan keluarga.

Ternyata saya gelagapan juga karena tidak begitu siap, meskipun saya sudah sering menjadi saksi dalam acara ijab kabul tetapi untuk berpidato, memberikan kata sambutan pada acara pernikahan belum pernah. Beranjak dari pengalaman galagapan ini saya mencoba membuat teks pidato kata sambutan. Teks sengaja dibuat tidak berpanjang panjang agar audiens tetap fokus kepada pasangan mempelai.

Barangkali diantara teman teman, tante, oom, pak cik, pak de, paman, julak, adik adik..yang secara dadakan butuh teks kata sambutan untuk acara pernikahan. Silahkan copy dan paste…dan tambahkan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Teksnya ada dihalaman berikut. Terima kasih telah mampir di blog ini. 🙂 Baca entri selengkapnya »

Undang Undang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnik menjadi dasar berpijak untuk mendorong semangat pluralisme dapat lebih diterima ketimbang primordialisme etnik.

Kemenangan Barrack Husien Obama sebagai presiden terpilih Amerika Serikat ke 44 ditanggapi diseluruh dunia sebagai semangat perubahan dalam kerangka demokratisasi. Karena dengan kemenangan ini mimpi Martin Luther King dan Jesse Jackson atau warga Afro Amerika umumnya kini menjadi kenyataan. Apapun yang dia katakan bahwa kemenangannya merupakan kemenangan seluruh rakyat di Negara multi ras tersebut.

Amerika terbukti mampu memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh ras yang ada apapun warna kulitnya. Tetapi kemenangan Obama secara umum tetap saja dipandang sebagai kemenangan warga kulit hitam AS. Dengan ungkapan halus, Presiden AS ternyata tidak harus kulit putih.

Baca entri selengkapnya »

Nggak bilang bilang sama aku tau taunya SBY berkunjung ke China yaa; LOL) eh sorry becanda. Tapi ngomong ngiming, apa sih yang menjadi topic agenda ASEM ke 7 di Beijing? Yang pasti aku nggak ngerti karena emang gak dipikirin. Yang kayak gituan bukan porsinya bloger kecil seperti aku. Meskipun dang kadang ada juga usil mau nimbrung mikirin masalah masalah besar bangsa ini hmm 🙂 cue eileee….

Ooh came on. trus trus…

Baca entri selengkapnya »


Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 201,560 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

Oktober 2017
S S R K J S M
« Jun    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031