Syam Jr Weblog

PERNYATAAN GUBERNUR – SAYA DUKUNG JOKOWI

Posted on: September 7, 2018

Sebagai pejabat public yang dipilih melalui pemilihan umum seperti Gubernur atau Walikota maupun Bupati terpilih melalui Pilkada wajarlah jika kemudian menyatakan secara terbuka dengan berkata “saya mendukung Presiden RI”. Pernyataan dukungan dalam konteks Presiden sebagai institusi pada sistem dan tatanan kenegaraan Republik Indonesia.

Tetapi sangat tidak etis ketika menyatakan diruang public dengan berkata “saya mendukung Prabowo”. Pernyataan seperti ini mempunyai mass appeal terkait beliau adalah figure yang maju sebagai Capres Pemilu 2019.

Pernyataan diruang publik seorang Gubernur atau pejabat public lainnya yang seperti ini sangat partisan. Sebab bagaimanapun ketika figure sudah terpilih maka secara otomatis menjadi pejabat public bagi seluruh lapisan masyarakat bangsanya.

“My loyality to the party end when loyality to the state began.” Kalau diterjemahkan kira-kira seperti ini, “Loyalitas saya berakhir kepada partai, seketika pengabdian saya pada negara dimulai”. John F. Kennedy Presiden ke-35 Amerika Serikat pada tahun 1961. Pernyataan inteletual yang cerdas dengan kapabelitas penuh sebagai pemimpin bangsa

Demikian pula delapan dari Sembilan Gubernur Kepala Daerah Provinsi, setelah dilantik lantas dengan fasih mengatakan “saya mendukung Jokowi”. Pernyataan seperti ini bernilai kampanye politik, mengandung bobot mass appeal terkait beliau adalah figure Capres Pemilu 2019.

Pernyataan diruang publik seorang Gubernur atau pejabat public lainnya yang seperti ini sangat partisan. Pernyataan ini disamping tidak etis sekaligus tidak menhayati makna jabatan public figure pada kehidupan demokratis dalam tatanan kenegaraan Republik Indonesia.

Melaui Pilkada atau melalui Pemilu 17 April 2019, kita memang membutuhkan pemimpin dalam kehidupan bernegara. Tetapi kita juga sangat pembutuhan intelektual yang cerdas untuk membawa kehidupan berkeadilan bagi seluruh rakyat.
Kita sangatlah berkeberatan ketika Presiden Republik Indonesia dilecehkan menjadi sakadar petugas.

Pada Pemilu 17 April 2019 kita membutuhkan Pemimpin intelektual yang cerdas dengan kapabelitas penuh sebagai pemimpin bangsa dan mumpuni untuk membimbing mengantarkan bangsa ini ke puncak budayanya.

Tinggalkan komentar

Pengantar

Blog ini dibuat pada 15 Maret 2008 untuk menuliskan fikiran dan pandangan guna memahami orang lain melalui feed back atau tanggapan atas pemikiran yang tertulis, terutama pemikiran dari generasi muda yang sedang memainkan perannya diatas lantai kehidupan berbangsa di republik ini. About Me

Since March 15, 2008.

  • 226.434 hits

Pagerank Checker

Page Rank Check
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Guest IP

IP

Visitors Map

Blog Indonesia

Blogger Indonesia

Current Moon

CURRENT MOON

RSS Feed yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Feed yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Syam Jr

September 2018
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930